Selasa, 20 September 2022

Simpang Tiga WFA "Come and See"

Simpang Tiga WFA   "Come and See"

Ini kali keduaKu, ke tempat ini.. yaitu Weluli – Atambua

Dengan mengikuti kegiatan yang sama, Bersama Anak Muda Claretian West Timor Region Weluli.

seingatKu pertamaKu ke Weluli pada tahun 2018 bersama teman AMC Sedaratan Timor (AMC West Timor).

Sebulan sebelum keberangkatan Kami.. kami telah diberi tahu oleh Pendamping AMC Weluli dan Ketua AMC Weluli yaitu k2 Stevan, bahwa kegiatan Come&See AMC Weluli akan dilaksanakan pada awal bulan September 2022, mendengar informasi tersebut saya bahkan teman – teman AMC Kupang sangatlah Bahagia.. dikarenakan akan ada kegiatan AMC West Timor Kedepannya.

Sebelum seminggu waktu keberangkatan, kami diinformasikan bahwa minggu depan merupakan kegiatan Come & See Weluli, jadi kami diharapkan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, agar siapapun yang dipercaya untuk mewakili AMC Kupang, dapat menjalankan tugas dan kepercayaan dari moderator, pendamping dan teman teman AMC Kupang.

Kegitan tersebut dilaksanakan pada akhir pekan yaitu tanggal 3 – 4 September 2022, sehingga kami tidak bertabrakan dengan aktifitas kami yang berada di Kota Kupang..

Pada saat keberangkatan, kami dari AMC Kupang di percayakan kepada Saya dan kakak In untuk mengikuti kegiatan tersebut, dikarenakan kegiatan pada hari sabtu, maka kami dari rombongan melakukan perjalanan satu hari sebelum kegiatan.. yaitu hari jumat.

Pada hari kamis malam saya dan AMC yang lainnya masih mengikuti dan menghadiri teman teman AMC yang merayakan wisudanya, sekitar jam 10 malam saya masih mengingatkan teman teman AMC Kupang yang dipercaya untuk hadir/mengikuti Come dan See AMC Weluli,, aku berpesan bahwa : siap – siap saja nnti besok pagi saya akan menelphone.. dikarenakan saya belum memesan kendaraan (Bus) ke Kabupaten Belu Atambua..

Keesokan harinya.. pada Jumat 2 September 2022, setelah bangun pagi,, saya mempersiapkan keperluan untuk ke Weluli, namun sebelum saya Memesan Kendaraan (Bus) saya harus pergi ketempat aktifitasKu untuk melakukan aktifitasku pada pagi hari dan melanjutkan ketempat pemesanan tiket bus…

Ada moment yang lucu yaitu… kurang dari  10 menit dari jam 8 pagi untuk keberangkatan bus, saya baru memesan tiket busnya.. untungnya saya masih mendapat tiket bus tersebut… saya mencoba menghubungi beberapa orang AMC Sebelumnya yang dipercaya ke Weluli…. Ketika saya memberikan informasi bahwa tepat jam 8 pagi bus berangkat dari tempat/garasinya.. dan saya diharapkan sebelum jam 8 sudah tibah dan menunngu di cabang Bimoku Lasiana… temen - teman pun segera bergegas mempersiapkan diri untuk berangkat….. namun yang terjadi yaitu.. pada saat saya menghubungi mereka dan mereka baru bangun tidur pada saat saya telepon…. Dengan segala alasan pun saya sampaikan kepada sopir bus bahwa temanku sedang salam perjalanan.. dan banyak penumpang yang banyak bertanya… namun sopir dan kondekturnya sangatlah baik… maka dapat menunngu kakak In dan kita pun berangkat dari kota kupang tepat 08:30 am..

Dalam perjalanan k2 In pun menceritakan bahwa ia terbangun dikarenakan saya menelephone, dikarenakn ia baru tidur jam 3 pagi… namun dikarenakan semangatnya ke Weluli tidak jadi persoalan apapun itu… saya pun meminta untuk memberikan informasi kepada pendamping AMC Weluli bahwa kami dalam perjalanan ke weluli… namun tidak memberitahukan siapa - siapa yang sedang dalam perjalanan.. saya memberikan petunjuk seperti itu.. sehingga saya ingin memberikan kejutan kepada teman - teman AMC Weluli bahwa saya juga pergi ke Weluli…

Dalam perjalanan kamipun bercerita tentang rencana – rencana AMC Kedepannya dan juga kegiatan Pramuka yang kita ikuti serta aktifitas kami masing - masing… dalam perjalanan akunpun iseng – iseng membuat video lucunya k2 In dikarenakan dia sedikit kurang tidur….

Ketika hendak sampai di kota atambua.. saya mencoba menghubungi teman teman AMC terkait kendaraan lanjutan yang akan kami gunakan dari kota Atambua ke Weluli.. k2 Senzi pun merespon dengan baik.. dan memberikan nomor kontak pak sopir mobil yang akan kami numpang pada saat kami sampai di kota Atambua… tidak kala penting juga k2 Rinto AMC Weluli juga membatu kami….

Sekitar jam 3 sore.. kamipun sampai di Kota atambua.. dan kami pun mengugunakan kendaraa roda dua untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi mobil lanjutan yang menunggu kami ke Weluli,, yaitu ke lokasi Pasar Lama Atambua.. dilokasi tersebut telah menunggu pak sopir yang setia menunggu kami dari sebelum makan siang.. ia menunggu dengan sabar bahwa kami dari kupang ingin ke weluli.. kami di sambut dengan baik dan ramah oleh pak sopir.. kamipun lebih bersemangat menanti kegiatan besok…

Kami harus menunggu lagi sekitar 2 jam lagi, untuk melanjutkan perjalanan ke weluli… sambil menunggu saya pun menghubungi kawan AMC yang berada di Kota Atambua baik yang bekerja dan lagi mengikuti aktifitas lainnya… Adapun yang lagi mengikuti pameran keuskupan Atambua.. mereka meminta saya dan k2 in untuk ke acara pameran sebelum keberangkatan,, namun saya tidak terlalu mengetahui tentang jalan jalan di kota ini… saya Cuma bercanda gurau melalui handphone saja…

Sekitar pukul 4 sore.. kami pun berangkat dari atambua menuju Weluli… pak sopirpun menawarkan untuk mengikuti jalur mana untuk sampai ke Weluli.. melalui WulanFean atau Laurus.. saya kepingin sekali melewati Fulanfean.. namun saya menyatakan untuk melewati jatur yang tercepat saja….  Dalam perjalanan pak sopir pun bercerita dengan kami dan memberikan informasi tentang lokasi lokasi yang kami lewati…. Dalam mobil tersebut kami Cuma 4 orang itupun sudah termaksud dengan pak sopir….. dalam perjalanan saya sangatlah senang dikarenakan saya tidak memberitahukan teman2 AMC Weluli yang sedang menunggu kehadiran kami dan tidak kalah penting yaitu.. pesona alamnya menuju Weluli.. ini pertama perjalanKu ke Weluli dangan mengunakan transportasi public dan masih ditemani sang senja.

Setitar pukul 17:10 Wita kami tiba di Weluli..

sambil menunggu, kami memberikan kejutan kepada moderator AMC Weluli dan kawan - kawan AMC Weluli yang lainnya… kami sempat mengambil beberapa Foto Ketika tiba di Weluli … sambil menunggu,, saya pun menghubungi salah satu senior AMC Weluli yaitu kakak Gory.. mendengar pemberitahuan saya lewat HandPhoneKu bahwa saya Bersama rombongan telah sampai di Weluli.. dia (gori) sangatlah senang mendengar bahwa saya salah satu dari rombongan tersebut… sambil menanti k2 Gori mengunjungi kami… kami di berikan kejutan dari Para Aspiran Susteran MC Weluli… dengan kehadiran kami.. kamipun bergembira Bersama… tidak kalah penting yaitu mereka sangat menantikan kehadiran kakak In dalam kegiatan ini.. dikarenakan beberapa minggu yang lalu kami AMC Kupang sempat Hadir dan mengikuti kegiatan di Weluli, Bersama teman AMC Weluli, Para Suster MC dan Masyarakat Weluli..

Kamipun disambut dan disajikan oleh para Aspiran MC dengan makanan dan minuman hangat sambil kami menceritakan keseruan kami selama perjalanan dari Kupang sampai ke Weluli.. sambil kami menikmati makanan dan minumman.. kakak Gori pun hadir Bersama kami untuk Bersama sama bercerita sambil di temani makan dan minuman.. dia tidak menyangkah kehadiran kami sehingga ia tergesah -gesah untuk berjumpa dan bertemu dengan kami.. dengan rasa penarannya ia pun mendapat kejutan yang sangat indah.. dikarenakan kami tidak memberitaukan siapa yang akan mewakili AMC Kupang.. dikiranya teman teman yang lain..

Tak lama kemudian kami dihantarkan ke ruang kamar kami masing – masing sambil menunggu makan malam… saya bersama k2 IN dan k2 Gori pun bercerita – cerita tentang aktifitas kami dan hobby serta tidak kalah penting kegiatan AMC Kedepannya..

Waktu makan malam telah tiba kami pun bergegas ke tempat makan… dengan suhu udara desa Weluli yang membuat kami kedinginan.. kami bergegas di karenakan kami telah dinanti untuk makan Bersama… setelah makan malam kami pun merayu agar k2 Gori dapat menginap Bersama dengan k2 In.. namun rayuan kami tidaklah mampu dikarenakan ia belum memintah ijin sama orang tuanya…

Setelah makan malam..kami pun berkumpul diruang tamu sambil bercerita… sayapun mencoba mengajak kami bermain Game.. awalnya mereka menanyakan permainannya seperti apa… takutnya permainan tersebut hanyalah membosankan… namun setelah saya membawakan permainan tersebut.. ternyata game tersebut sangatlah menarik… sampai – sampai banyak dari kami senyum -senyum dan tertawa Bersama…. Tidak berselang kemudian Moderator dan pendamping AMC Weluli k2 Suster Hilde MC dan Suster Lusi MC tiba Bersama kami… kamipun menyambut kedua Suster dengan sapaan Anak Muda Claretian…

Waktu sekitar pukul 22:00 Wita kami pun beranjak ke kamar kami masing – masing.. dikarenakan besok kami dinanti oleh kegiatan lanjutan..

Sekitar jam 6 pagi, saya Bersama k2 In mencoba berkeliling di Daerah Weluli… kami terasa seperti orang baru yang terlihat dari setiap orang yang kami lewati dan yang mereka lihat… kami berbincang – bincang di simpang tiga Weluli..  sambil berbincang…
kamipun mengambil beberapa foto dikarenakan pemandangannya sangatlah bagus sekali….
Kamipun bercerita sambil berjemur pagi.. untuk menghilangkan rasa dingin..

Sekitar pukul 07:30 pagi kami pun Kembali ke Biara Susteran MC untuk makan pagi Bersama…. Pada saat kami makan Bersama,  saya Bersama k2 in sangatlah senang dikarenakan kami dikunjungi oleh teman – teman AMC Weluli.. dan Bersama – sama mempersiapkan acara kegiatan nanti sore..

Kami dibagi tugas masing… ada yg bgian membersikan aula dan mempersiapkan kamar… ada yang bagian Masak dan saya dipercaya untuk mempersiapkan api unggun Bersama k2 Dedi… kamipun juga membuat tenda.. agar bisa digunakan untuk berfoto – foto…

Setelah saya Bersama – sama menyiapkan pekerjaan yang ditugaskan… selanjutnya saya menyiapkan materi presentasi yang saya akan informasikan kepada AMC Weluli Bersama teman teman yang lain… setelah saya membuat materi… kami lanjutkan dengan latihan dinamika untuk permainan game dan lainnya.. tidak terasa waktu pembukaan kegiatan akan segera tiba… teman teman AMC Weluli pun telah datang…

Kamipun bergeges untuk bersiap – siap.. kami dari tim kupang segera bersiap – siap mengikuti kegiatan hari ini… hanya beberapa orang yang tertinggal di dapur untuk melanjutkan pekerjaan yaitu Snack Sore dan makan malam yang di pimpin oleh k2 Gori..

Setelah kami bersiap – siap.. kami pun memulai kegiatan dengan nyayi – nyayi dan yel – yel AMC dengan suara yang sangat kencang…. Adapula Gerakan Dance yang kami lakukan Bersama… sampai Snack Bersama….

Sekitar pukul 19:00 kita memulai dengan pemateri pertama.. Pemateri pertama oleh orang Tua AMC Weluli.. Yaitu Bapak FELIX dan  yang menjadi moderator yaitu k2 Seven (Ketua AMC Weluli).. Dalam sharing dari Bapak Felix yang saya menggaris bawahi yaitu DISIPLIN…. Bapak Feliks menjelaskan bahwa bagi kita kaum muda haruslah disiplin.. apalagi untuk menggapai mimpi dan cita – cita kita harus memulainya dengan disiplin…..

Setelah Bapak Feliks membawakan materi dan Sharingnya.. kita melanjutkan dengan dinamika dan permainan game untuk menghidupkan suasana kegiatan Come dan See AMC Weluli..

Setelah kami bermain game, bernyayi dan menari Bersama.. kamipun melanjutkan kemateri berikutnya….

Materi selanjutnya saya membawakan tentang Anak Muda Claretian dan Spiritual AMC.. setelah beberapa saat saya memberikan informasi kepada rekan rekan Anak Muda.. saya memberikan kesempatan kepada beberapa AMC untuk mengsheringkan pengalamannya mereka bergabung dan AMC..

Yang pertama oleh k2 Gina AMC Weluli.. ia memberikan semangat kepada rekan AMC bahwa pengorbanannya tidak akan sia – sia jika kita mengejarnya dan berkorban untuk mimpi dan cinta – cita kita

Yang kedua oleh k2 In AMC Kupang… ia memberikan informasi bahwa ia sangatlah bangga dan Bahagia bisa berjumba dan bergabung dengan AMC… dimana kita di ikat oleh sebuah ikatan keluarga dan saling mendukung satu sama lain sehingga apa yang kita inginkan dan mimpi yang kita rencanakan dapat tercapai Bersama.. saling bergandengan tangan sebagai keluarga besar Claretian.. tidak pula k2 In memohon dukunganya dalam ajang pemilihan Duta Pariwisata yang akan ia ikuti pada bulan Novemver 2022……

Semua yang mendengar kedua teman yang sharing sangatlah Bahagia dengan tepuk tangan yang sangat keras dikarenakan mendapat informasi dan kebersamaan kehagatan keluarga yang diciptakan dari kegiatan ini…

Sambil menunggu makan malam tiba kami pun masih melakukan permainan Game, nyayi dan menari.. ada moment yang sangat lucu yaitu.. ada satu permainan yang saya bawakan yaitu permainan mencari teman..dimana saya menyebutkan angka 1.. teman2 cuman berdiri sendiri.. selanjutnya saya menyebutkan angka dua.. teman2 harus mencari teman agar bisa berdiri berdua… selanjutnya angka tiga,, teman bertiga,,, selanjutnya angka 4.. mencari teman berempat…. Angka 5… temanteman mencari atau berkumput menjadi 5 anggota dalam 1 kelompok…. Dimana pertamanya saya memberikan instruksi bawa kita melakukan yang pertama adalah contoh… dalam melakukan permainan.. dari kelompok sebebelah bisa menculik kawan disebelahnya untuk melangkapi kelompoknya….

Pada moment lucu yaitu… Ketika permainannya Cuma contoh.. pada momen saya mencoba memberikan kru angka 5.. maka terjadilah perebutan teman dari kelompok lain untuk melengkapi kelompok masing masing.. dimana saya ditarik oleh kelompok sebelah.. namun kelompokKu tidak melepaskannya….. tanganku tidak dilepaskan oleh kelompok sebelah dikarenakan mereka membutuhkan 1 orang lagi untuk melengapi kelompoknya…… sampai – sampai tanganKu terlihat merah… dikarenakan mereka manariknya dengan  semangat…. Pada saat semuanya sudah mengerti akan permainan tersebut… saya diberikan info bahwa acara berikutnya adalah makan malam.. dikarenakan acara selanjutnya masih banyak…. Maka permainan selanjutnya akan dimainkan setelah makan malam……

Kami diberikan sekitar 30 menit untuk makan malam Bersama… setelah makan malam Bersama kami lanjutkan dengan Doa Taize Bersama dan menari Bersama mengelilingi api unggul,,, acara selanjutnya kami lanjutkan di aula untuk bernyayi Bersama dan berfoto Bersama.

Kurang lebih jam 11 malam waktunya jam istirahat tiba sesuai jadwal yang diberikan oleh panitia, kamipun bergegas untuk beristirahat… dalam keheningan malam… ada keseruan yaitu teman AMC Weluli yang di pimpin oleh k2 Gory AMC Weluli dan K2 In AMC Kupang memimpin rekan – rekan yang lain untuk melanjutkan foto - foto di lokasi api unggul dengan foto Bersama dan bakar – bakar buah (Pisang, Ubi dll), di karenakan saya membawa tenda kemping dan di pergunakan sebagai property dalam kegiatan ini dan juga sebagai tempat untuk berfoto… dalam perencanaan nya mereka… meraka mengantikannya dengan memindahkan tenda tersebut ke lokasi samping aula atau berdekatan dengan kebun sayur,, sehingga pada saat moment SUNRISE dapat terilihat moment pemandangan yang begitu indah dibalik pengunungan dari negara tetangga..

Pada saat pagipun tiba..teman – teman telah menunggu – nunggu moment SUNRISE untuk berfoto bersama, sang jingga yang mengeluarkan cahayanya dibalik sejuknya alam, yang membuatku dan dia tersipu malu di balik pengunungan lintas negara… ada teriakan rindu yang terpancar dari indahnya senyumanMu dari cahaya Jingga itu.. yang mengakrapkan pertemuan kami sebagai bagian dari keluarga.

Waktu pun terus berjalan, kami pun melanjutkan dengan persiapan paadi, baik makan atau sarapan pagi dan persiapan untuk ke geraja.

Sekitar pukul 09:00 Wita misa pagi pun di mulai, setelah misa kamipun melakukan foto Bersama dengan semua AMC Weluli.

Kamipun melanjutkan dengan berfoto Bersama sambil berjalan kaki Kembali ke tempat kegiatan kami…

Selanjutnya kami menyiapkan makan pagi siang, dimana kami melakukannya Bersama, dimana untuk yang para pria dipercayakan untuk memasak nasi, sedangkan untuk para cewe dipercayakan untuk lauknya.. dan lainnya melakukan bersih – bersih di lokasi kegiatan dan sekitarnya… sambil menunggu makan siang di sajikan.. kami lanjutkan untuk bermain Game Bersama, yang nama Gamenya yaitu “SERIGALA” makna dari game ini Cuma berupa untuk saling mengenal saatu dengan yang lain… game ini saya pernah bawakan pada saat kami tiba pada hari jumat  sebelumnya… jadi ada beberapa teman yang telah mengetahui game tersebut.. gama tersebut kami mainkan dengan menigkuti arahan saya, di karenakan saya sebagai moderator dari game tersebut… permainan semakin seru ketika semua telah mengetahui alur dari permainan tersebut.. semakin asiknya permainan kami, kami disadarkan oleh panitia bahwa makan siang telah tiba.. dan waktunya kami makan siang bersama.

Setelah makan siang kamipun mempersiapkan untuk kegiatan sore Bersama yaitu pertandingan bola foly dan sebagiannya mempersiapkan untuk Snack dan makan malam sebelum kamimpulang Kembali ketempat tinggal masing – masing.

Kami dari rombongan kupang setelah makan siang, kamipun bersiap – siap untuk Kembali ke kota atambua dikarenakan pada malam hari kami harus melanjutkan perjalanan ke kota kupang.

Dalam persiapan kami menuju ke kota atambua, banyak dari AMC Weluli yang mengharapkan agar kami menunda kepergian kami.. mereka mengharapkan agar hari senin bari kami pulang ke kota kupang, tapi kami mengharapakn bahwa ada pekerjaan pada hari senin pagi, sehingga kami harup berangkat ke kota kupang pada minggu malam.. ada kegelisahan perpisahan yang terlahir dari pertemuan kami.. namun kamipercaya bahwa ada moment dimana AMC West Timor akan bersetemu dalam ajang kegiatan Bersama seperti pada tahun 2017 silam, dimana kami semuanya berjumpa sedaratan timor untuk satu kegiatan yang sama dalam kegiatan AMC West Timor.

Kami melakukan perjalanan dari weluli menuju kota atambua sekitar pukul 3 sore.. begitu bayak yang menghampiri kami untuk melepaskan kepergian kami.. sebelum berpisah kamipun sepat berfoto Bersama…. Kamipun di atar oleh k2 Seven, k2 rinto, k2 dedy dan k2 gina.. dalam perjalanan kami di hadiahi oleh ke indahan alam yang sebelah kiri timor leste dan sebelah kanan Indonesia.. saya sangat senang dikarenakan oment ini sngatlah berkesan bagiKu..

Kami sampai di kota ambua sekitar pukul 5 sore.. kami pun langsung ke tempat Bus untuk memesan bus untuk keberangkatan malam hari… sambl menunggu keberangkatan pada pukul 7 malam.. kamipun diajak ke simpang 5 kota atambua untun sekesar duduk – duduk – berfoto Bersama sambil menunggu  waktunya tiba.

Ketika waktunya tiba.. teman – teman AMC Weluli mengantaar kami ke tempat bus berama teman teman THS – THM yang kami berkenalan di simpang lima sebelum mereka melanjutkan ke Weluli…

Waktupun tiba keberangkatan kami..kamipun berangkat dengan bus yang kami gunakan pada saat kedatangan kami.. sehingga sopir dan kondekturnya mengenal kami.. dikarenakan kami penumpang yang membuat mereka menunggu pada saat kedatangan kami ke atambua.. sekitar pukul 10:30 malam kami tiba di Niki – niki tempat persinggahan makan.. kamipun sepat untuk makan malam sambil membatas pesan chat dari teman – teman AMC Weluli.. setelah  makan malam kamipun melanjutkan ke kota kupang… sekitar pukul 01:30 dini hari kamipun sampai di kota kupang..

Tak lupa, kami pun memberikan informasi kepada moderator AMC Weluli dan teman – teman AMC Weluli melalui pesan singkat :

“Terima kasih atas doanya... sehingga kami telah tiba di Kota Kupang dgn selamat..

Terima kasih telah mengundang kami untuk hadir dan mengambil bagian dalam kegiatan Come&See AMC Weluli.

Merupakan suatu kebanggaan dan kegembiraan bagi kami AMC Kupang... dimana ini merupakan pertemuan yang begitu indah bagi kami.. bisa sharing bersama dalam Anak Muda Claretian... sekiranya moment ini dapat berlanjut dalam kegiatan AMC West Timor Selanjutnya... baik kegiatan Animasi Animator, Pekan AMC West Timor dan kegiatan Claretian lainnya..

Salam untuk semua AMC Weluli... jgn lupa Pesan dari orang Tua AMC WELULI dalam pesan sharingnya..

Salam AMC...

Kompak selalu..

Menjadi terang dan garam dunia..

Love AMC

Claretian Family”

Kalian (Anak Muda Claretian Weluli) membuatku Jatuh Hati.. membuatKu untuk kali kedua untuk Bersama – sama dalam kegiatan Come&See AMC Weluli..aku tidak bisa berkata banyak selain indahnya alam kalian.. kalian juga menjadi alasanku untuk tetap ke Weluli….