Kamis, 01 Agustus 2019

KAUM MILENIAL DALAM BINGKAI SUKACITA PASKAH PASKAH BERSAMA OMK dan AMC 2019


KAUM MILENIAL DALAM BINGKAI 
SUKACITA PASKAH
PASKAH BERSAMA OMK dan AMC 2019


Dalam bingkai kebersamaan Kaum muda yang diikat oleh kegiatan  Paskah Bersama kaum muda pada tahun 2019 diangkat tema KAUM MILENIAL DALAM BINGKAI SUKACITA PASKAH.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 mey 219 dan bertempat di Taman Ziarah Yesus Maria Oebelo Kabupaten Kupang. kegiatan berlangsung dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore waktu Indonesia tengah.
Kegiatan diawali dengan sambutan penerimaan pesrta OMK daerah kerasulan Misionaris Claretian Kupang, kegiatan berupa materi seminar yang menggambarkan kaum milenial, sheering kelompok, pentas seni  dan menari bersama.
Tidak kala penting dalam kegiatan ini adalah perjumpaan kaum muda dari berbagai OMK yang memiliki ciri khas masing –masing yang mampu dilihat dari kedatangan mereka, namun dalam rangkaian kegiatan panitia cukup cerdas ketika membaginya dalam kelompok yang dibagi acak sehingga setiap peserta dapat berkenalan dan bercengkrama sesama peserta tanpa mengalami batasan dari mana ia berada/asal, semuanya menjadi kaum muda yang membanggakan dalam milenial
Dalam kegiatan sheering cukup menjanjikan ketika kaum muda diajak untuk berbagi pengalamamnnya dan mendapat banyak masukan dari peserta.. adapula pertanyaan sheering yang dibagi :
-         Apakah media social itu merupakan hal yang baik dan atau tidak?
-         Kaum muda diperbudak oleh digital atau tidak ? berikan Contoh ? dan bagaimana?
-         Munculnya era digital menyebabkan salah satu bentuk negative adalah human trafficking, Apakah Kaum muda merupakan actor atau korban dari human trafficking?
Dalam shering masing masing kelompok mempunyai banyak pendapat yang memewarnai dinamika diskusi kegiatan ini, ada yang menyampaikannya seperti dictator, ada yang menyampaikan seperti dialog stand up dan adapula yang menyampaikannya solusi terhadap tema yang diberikan.
Sehabis diskusi, maka dilanjutkan dengan MISA yg dipimpin oleh Pater Jhon Jeramu CMF didampingi Pater Ferdi CMF dan Pater Ens CMF. Dalam kotbah yang dibacawakan oleh Pater Jhon Jeramu CMF ada yang aku Kutip berupa point yang disampaikan dalam Kitap Suci yaitu KASIH ADALAH INDENTITAS.
Sebagai kaum muda yang dilahirkan di Zaman Milenial dan menikmati zaman Milenial, kaum muda seharusnya bersyukur dengan hal tersebut dikarenakan semuanya dipermuda dengan sangat muda. Dengan sebuah genggaman tangan semuanya dapat digapai apapun itu.
Dengan indentitas itulah maka Era Digital dikenal dengan kaum muda yang berkarya dengan teknologi.
Dalam kasih sebagai identitas kaum muda katolik, menggambarkan bahwa kaum muda katolik memiliki ciri khas yang berbeda dengan yang lainnya yaitu KASIH. Oleh sebab itu Orang Muda Katolik haruslah bahagia dengan apapun itu dikarena ada KASIH didalamnya itu. Akan tetapi dizaman sekarang menjadi suatu tantangan besar bagi kaum muda dikarenakan kasih itu sendiri… apakah mendekatkan yang jauh ataukah menjauhkan yang dekat, itulah menjadi tantangan terbesar.
Anak muda dihimbau/diajak untuk merubah semuanya itu dengan memanfaatkan semuanya itu dengan kasih, sehingga kasih itu dapat di sebar luaskan dengan karya anak muda yang peuh dengan KASIH.
Setelah misa selesai dalam bingkai kasih itu maka anak muda menampilkan karya seni berupa tarian, lagu dan sebagainya untuk membangun sukacita kasih kaum muda katolik dalam bingkai persaudaraan sukacita paskah 2019

By : JO AMC KUPANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar