Rabu, 10 Juni 2020

Claret -"3 Juni"-

3 Juni

A. CLARET
Tahun 1853: Santiago Lopez de San Roman, seorang Pastor Dominikan di Havana, menemui Claret sebagai Uskup Agung untuk membela dirinya melawan ketidakadilan yang dilakukan uskupnya. Claret tidak memihak dia, San Roman kemudian menjadi musuhnya, dengan tulisan-tulisan berisi fitnahan melawan Claret.
Tahun 1865: Claret menulis kepada Dr. Joaquin Masmitja, mengucapkan selamat kepadanya atas jasanya mengembangkan Kongregasi Puteri-Puteri Hati Terkudus dan Takbernoda Perawan Maria yang Terberkati dan merekomendasikan karyanya, La Colegiala Instruida.

B. KONGREGASI: PROVINSI ALAGON TERBENTUK
Setelah melewati masa yang berat, Perang Sipil Spanyol, Kongregasi telah lebih dari serartus tahun keberadaannya dan memiliki pengalaman gerejani dalam pelayanan apostolik. Dituntun oleh Konsili Vatikan II, Institusi kita mempertahankan dinamisme ekspansifnya. Kapitel Umum XVI membuat suatu panggilan untuk menghindari ekspansi yang menyakitkan dan tetap mempertahankan keseimbangan antara berbagai karya pelayanan dan umat. Untuk itu, pada 22 April 1962, P. Peter Schweiger, Pemimpin Umum menetapkan Provinsi baru, Aragon di Spanyol, menyatukan beberapa rumah Organisme Catalonia dan Betica. Wilayah provinsi yang baru ini mencakup komunitas-komunitas lokal di Alagon, Barbastro, Calatayud, Caravaca, Cartagena, Jativa, Requena, Valencia-Ermita, Valencia Fuensanta, Zaragoza, dan Zaragoza-finca. Pimpinan Provinsial pertama adalah P. Eleuterio Briongos (Provinsial), P. Evencio Zubiri, P. Macario Lopez de Zubiria dan P. Martin Solaesa (Konsultor) dan P. Enrique Arenas (Minister).

C. TOKOH: ISAAC BURGOS, CMF (Provinsial Pertama Castilla/1850-1920)
Perorrubio (Segovia, Spanyol). Dia lahir pada tanggal hari ini (3 Juni). Dia memulai studinya di Seminari Diosesan di Segovia, kemudian bergabung dengan Kongregasi karena tertarik dengan gaya misionernya. Dia pergi ke Thuir, bersama misionaris masa depan Heredero dan Delgado. Pada tahun 1877 dia dipilih oleh P. Xifre untuk mendirikan rumah di Jalan Toledo, Madrid. Dia kemudian menjadi superior rumah-rumah penting seperti Pamplona, Calahorra atau Bilbao. Dia menghadiri Kapitel Umum 1895, di mana diputuskan bahwa Kongregasi dibagi menjadi dua provinsi, dia terpilih sebagai Provinsial Pertama dari salah satunya, yakni Castilla, dengan yurisdiksi atas beberapa komunitas di Amerika Selatan, yang dikunjunginya. Pada masanya pendirian dilakukan untuk pertama kalinya di Protugal dan Argentina. Dia berpartisipasi dalam pembentukan Provinsi Betica, yang dipecahkan dari Provinsi Castilla. Setelah menyelesaikan masa jabatannya, dia dipilih sebagai Sub-Direktur Kapitel Umum 1912. Dia wafat ketika menjalankan tugasnya di Madrid. Dia memiliki kualitas dan pengetahuan yang luarbiasa dan sangat cemerlang dalam bidang administrasi dan kotbah misioner.

D. POIN PENTING: PEWARTA YANG TAK KENAL LELAH
Terberkatilah Tuhan karena ia berkenan menggunakan makhluk yang hina dina ini untuk melakukan hal-hal besar. Kemuliaan bagi Allah dan kebingungan bagi saya karena saya pantas mendapatkannya. Segala sesuatu adalah milik Allah; Ia telah memberikan saya kesehatan, daya, kata-kata dan segala yang lain. Saya selalu tahu bahwa Tuhan “membiayai” saya; tetapi dalam perjalanan ini bukan hanya saya melainkan semua yang lain juga mengetahuinya. Mereka melihat bahwa saya hampir tidak makan atau minum apa-apa sepanjang hari, selain sebuah kentang dan segelas air. Saya tidak pernah makan daging, ikan atau telur, atau minum anggur. Saya selalu bahagia dan gembira dan mereka tidak pernah melihat saya capai, sekalipun beberapa hari saya berkotbah sebanyak 12 kali (Aut. 703)
Saya tidak tahu jumlah kotbah yang dikotbahkan oleh Allah lewat saya, pelayan yang tak layak dan hamba yang tak berguna ini, selama 48 hari perjalanan. Satu anggota rombongan kami cukup ingin tahu sehingga ia mencatatnya, dan ia mengatakan bahwa seluruhnya berjumlah 205: 16 kepada klerus, 9 kepada para frater, 95 kepada para biarawati, 28 kepada Suster-suster Kasih, 35 kepada orang miskin dalam lembaga-lembaga karitatif, 8 kepada para anggota pria Serikat St. Vinsensius dari Paulus, dan 14 kepada masyarakat umum di katedral-katedral dan gereja-gereja besar (704)

E. REFLEKSI PRIBADI
1. Sadarkah Anda bahwa hidupmu adalah karunia dari Allah?
2. Apakah anda merasa bahagia dan bersukacita dalam misi anda?
3. Apakah kelelahan menguasaimu setiap saat atau apakah kamu beristirahat secukupnya untuk melanjutkan misi dengan entusiasme yang lebih besar?
4. Daftarlah dua atau tiga cara yang tepat dan mungkin bagi seorang misionaris untuk beristirahat.
Berbagi Sukacita kepada Sesama | SESAWI.NET
F. KATA-KATA INSPIRATIF
“KEBENARAN TENTANG ALLAH TAK DAPAT DINYATAKAN TANPA DIKUCILKAN. SUPAYA DAPAT SUNGGUH-SUNGGUH BERTOBAT TENTANG MASA LALU MEREKA, APA YANG DILAKUKAN PETRUS DAN PAULUS ADALAH UNTUK MEMAHAMI PARTISIPASI PERSONAL MEREKA DALAM MENOLAK ALLAH” (Rene Girard) #yncmf & akncmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar