Rabu, 10 Juni 2020

Claret -"5 Juni"-

5 JUNI

A. CLARET
Tahun 1857. Claret secara resmi ditunjuk sebagai bapa pengakuan kerajaan, yang dia akui telah diterima pada hari berikutnya. Dan dia menulis kepada para rekannya di Cuba, dan akan terus melakukannya setiap bulan, untuk mempertahankan pemerintahan keuskupan yang efektif tanpa kehadirannya.
Tahun 1859. Claret menyampaikan delapan khotbah di Barcelona: di Valldonzella, Rumah Karitas, Santa Clara, dua di San Felipe Neri, kepada para Suster Religius dari Hati Kudus Yesus, di paroki Sarriá dan biara para Suster St. Maria Magdalena.
Tahun 1865. Claret meminta Paus untuk menyetujui Konstitusi para misionaris.

B. KONGREGASI: DI ZAIRE
ABAD KEDUA (1949-1967)
Pada tahun 1962, Provinsi Jerman mengambil alih tanggung jawab atas Misi Kingando (Zaire), yang didirikan oleh para Yesuit pada tahun 1929. Pada awalnya sulit karena Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo), merdeka sejak 1960 setelah menjadi koloni Belgia, berada dalam situasi kacau: kerusuhan, gerakan pemisahan diri (Katanga), pemberontakan dan degradasi di semua tingkatan yang membuat karya misioner menjadi sangat sulit. Negara itu mengalami ketenangan tertentu setelah tentara mengambil alih kekuasaan di bawah Jenderal Mobutu. Para misionaris baru saja tiba di tempat tugas mereka di Kingando dan sudah menulis pada tanggal 11 Oktober, hari ketika Dewan diresmikan: Kami merasa sangat menyatu dengan niat Gereja dan mengucapkan doa serta pengorbanan kami untuk keberhasilan penuh sukacita Dewan. Mereka merasa lebih terhubung dengan Gereja daripada sebelumnya. Jesuit yang telah menyelenggarakan resepsi khidmat dengan 1.500 siswa dari Kolese, berkata kepada mereka: Apakah Anda bertanya-tanya mengapa saya melakukan ini? Karena dengan cara ini Anda dapat melakukan kontak dengan orang-orang dari negeri ini.

C. TOKOH: CASIMIRO MORALES, CMF
Misionaris Bolivia (1874-1968)
Mohoza (La Paz, Bolivia). Dia memutuskan untuk menjadi seorang imam pada salah satu kunjungannya ke Virgen de Copacabana pada tahun 1901. Dia ditahbiskan menjadi imam diosesan pada tahun 1904. Dia bertemu dengan misionaris Claretian Tomás Sesé dan Herrero ketika mereka pertama kali tiba di Cochabamba pada tahun 1909. Dia sudah mengenal Fr. Claret karena dia menggunakan beberapa bukunya sebagai panduan untuk berkhotbah. Ia memasuki Kongregasi dan dikirim ke Spanyol, mengucapkan kaul pada tahun 1911 di Cervera. Dia ditugaskan pertama kali ke Lima (Peru), di mana dia mendirikan rumah Huacho. Pada 1920 dia kembali ke Bolivia, mengabdikan dirinya untuk misi keliling dari Cochabamba. Tetapi di atas semua itu, ia unggul dalam kehidupannya yang patut dicontoh. Dia berbicara Quechua dengan sempurna. Pada tahun 1953 ia masih menjabat sebagai Superior di Tarija, dan dikirim ke Cochabamba lagi pada tahun 1955. Ketika ia berusia 90 tahun, ia dianugerahi penghargaan tertinggi Bolivia, El Cóndor de los Andes [The Andean Condor], di hadapan keuskupan Bolivia yang berkumpul di Cochabamba.

D. KATA-KATA PENTING: PROMOSI HIDUP BAKTI
Di semua pemukiman yang kami lalui di mana ada Rubiah-rubiah, saya berkotbah kepada mereka, dan, supaya jangan kehilangan waktu, sementara saya berkotbah di suatu biara, saya mengirim seorang imam untuk mengumpulkan mereka di dalam ruang berjeruji di depan altar besar. Maka, bila saya tiba di sana saya segera bisa mulai berkotbah saja, dan ketika selesai saya bisa langsung pergi ke biara lain karena, dalam keadaan mereka di dalam dan saya di luar, mereka tidak bisa menahan saya sebagaimana akan menahan saya jika saya masuk ke ruang tertutup, seperti yang selalu mereka hendaki. Sekalipun saya mempunyai izin dari para uskup masing-masing, saya tidak pernah mau masuk supaya tidak harus omong-omong dan buang waktu, hal-hal yang berlawanan dengan kesunyian dan kerajinan yang selalu saya nasehatkan kepada mereka. Kadang-kadang saya mengatakan kepada mereka bahwa seandainya semua suster bisu, mereka semua bisa menjadi lebih kudus dari pada sekarang. (Aut 709)
Saya membuat mereka melihat bahwa mereka perlu berusaha menjadi sempurna jika mereka ingin diselamatkan, dan bahwa tidaklah cukup bagi mereka menjadi biarawati untuk diselamatkan, karena banyak dari mereka, seperti perawan-perawan yang bodoh, akan mendengar dari mulut Yesus, Pengantin mereka, kata-kata ini: “Aku tidak mengenal kamu.” Saya mengatakan kepada mereka betapa diperlukan kehidupan bersama untuk mencapai kesempurnaan. Saya juga memberi mereka suatu perbandingan antara kehidupan menyendiri dan kehidupan bersama, dengan menunjukkan kepada mereka semua keuntungan jasmani, rohani dan ekonomis dari kehidupan bersama di atas kehidupan menyendiri; selain alasan-alasan saya menunjukkan contoh-contoh dari kehidupan Yesus, Para Rasul, murid-murid dan dari semua komunitas yang telah mencapai kesempurnaan: mereka semua menghayati kehidupan bersama. (Aut 714)

E. REFLEKSI PRIBADI
1. Apakah Anda menghayati konsekrasi religius Anda sebagai cara untuk tumbuh dalam kasih?
2. Bagaimana Anda menempatkan promomsi hidup bakti dalam kerasulan Anda?
3. Apakah ada kesaksian pria dan/atau wanita religius tertentu yang Anda sadari darinya Anda telah banyak belajar dalam hidup Anda?
4. Anda sering dapat mengatakan bahwa seorang misionaris dikonsekrasi dan bukan hanya sukarelawan karena ...
5. Berdoalah untuk hasil karya luar biasa yang dilakukan oleh Kongregasi dengan Hidup Bakti di beberapa benua.

F. KATA-KATA INSPIRATIF
“SAYA SEKARANG TAHU BAHWA PENYIKSAAN TELAH MENJADI KEBUTUHAN ESENSIAL BAGI SAYA DALAM BEKERJA SECARA EFEKTIF BAGI JIWA-JIWA DAN BERDOA SEPERTI YANG SEHARUSNYA.” (Aut 392) #yncmf & akncmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar