Rabu, 10 Juni 2020

Claret -"30 Mey"-

30 Mei 2020

A. CLARET
1856. Claret menulis surat kepada para misionarisnya di Vic, mengucap terimakasih atas surat yang mereka kirim kepadanya setelah ia diserang. Dalam surat itu ia menyatakan sukacitanya karena bisa mencicipi kemartiran dalam hidupnya.
1859. Claret kembali ke Barcelona dari Vic. Ia berhenti di Granollers (Barcelona) untuk berkotbah di sana.
1861. Di Madrid Claret memimpin prosesi Tubuh Kristus, yang dimulai dari gereja Santa Maria, menuju Jalan Utama kota dan seterusnya.

B. KONGREGASI (1949-1967): DI NICARAGUA
Dewan Provinsial bermaksud untuk membangun rumah-rumah di lima Republik di Central Amerika, sebagaimana di Panama. Hanya Nicaragua yang tersisa, sampai tahun 1960 hal ini diumumkan dengan penuh kegembiaraan dalam Buletin Provinsial: Kami sangat senang menginformasikan kepada saudara semua bahwa Dewan General Kongregasi telah menerima rencana pembangunan di Jinotepe, ibukota Departemen Carazo. Jadilah sebuah pembangunan yang bagus, tetapi terjadilah sesuatu yang buruk, ketika para imam diosesan melihat Misionaris membuat semua itu dengan baik sekali, mereka menginginkannya, dan akhirnya pada tahun 1979, Kongregasi menyerah dan memberikannya kepada keuskupan. Tetapi Provinsi sudah mengambil langkah-langkah antisipasi, yakni memiliki sebuah paroki di Managua, di ibukota. Lokasi itu adalah sebuah tempat khusus. Satu bagian dari lokasi ini, yang diterima pada awalnya, adalah tempat kumuh; bagian lainnya yang baru mulai dibangun menjadi kota, adalah tempat tinggal kaum kelas menengah ke atas. Gereja Guadalupe dibangun lebih dahulu, di lokasi kaum miskin, satu-satunya yang ada waktu itu. Kemudian, dibangun lagi Gereja Corazon de Maria.

C. TOKOH: PARA MISIONARIS DARI INSTITUT CLARETIAN
Pater Luis Pujol Tordera, seorang Misionaris Claretian lahir di Taradell (Barcelona), mendirikan Kongregasi Suster Misionaris dari Institut Claretian pada tanggal 25 Mei 1951 dibantu oleh Superior General pertama mereka Muder Maria Dolores Sola Carol, di rumah ret-ret baru di Vic. P. Pujol, seorang pendoa dan misionaris, meninggal pada tanggal 8 Mei 1976 di Vic, beberapa hari sebelum perayaan 25 tahun kelahiran karya besarnya ini. Claretian Institut adalah sebuah institusi religius-apostolik untuk evangelisasi, berdasarkan pengalaman Roh yang dihidupi oleh Pendirinya, P. Pujol, dalam gaya Claret. Dalam menjawabi panggilan ilahi ini, mereka mengambil gaya hidup Yesus, yang dihidupi dalam iman oleh Perawan Maria, dan mereka berusaha untuk meniru Yesus Kristus yang murni, miskin dan taat kepada Gereja (bdk. Konstitusi mereka nomor 5). Pada tahun 1998 Uskup Agung Barcelona menyetujui karya mereka sebagai Institut Hidup Religius berstrata keuskupan.

D. POINT PENTING: BELAJAR DARI SEEKOR ANJING
(Aut 670) Anjing adalah seekor binatang yang begitu setia dan tetap menemani tuannya sehingga kemalangan, kemiskinan, kesulitan atau apa saja tidak bisa memisahkan dia dari tuannya. Saya harus berbuat yang sama: saya harus demikian setia dan tetap dalam melayani dan mencintai Allah…
(Aut 671) Anjing lebih setia dari pada seorang anak laki-laki, lebih taat dari pada seorang hamba dan lebih patuh dari pada seorang anak kecil. Ia tidak hanya melaksanakan dengan rela apa yang diperintahkan oleh tuannya, tetapi ia mengamati wajah tuannya untuk mengetahui kesukaan dan kehendaknya, sehingga ia melakukannya tanpa menunggu perintah… Ia bahkan turut serta dalam perasaan kasih sayang tuannya sehingga ia menjadi sahabat para sahabat tuannya dan musuh para musuh tuannya. Saya harus mempraktekkan semua sifat yang bagus ini dalam melayani Allah, Tuanku yang terkasih…
(Aut 672) Anjing berjaga pada waktu siang dan ia melipatgandakan kesiagaannya pada waktu malam. Ia menjaga pribadi dan semua milik tuannya. Ia menyalak dan menggigit semua yang ia tahu atau curigai bisa melakukan kejahatan terhadap tuannya atau kepentingannya.

E. REFLEKSI
a. Kualitas yang mana dari seekor anjing yang paling mengispirasi anda?
b. Apakah semangat misioner anda adalah gerak dari kasih dan kesetiaan anda kepada Allah?
c. Apakah Allah dan pewartaan Injil-Nya sungguh menjadi pusat kehidupan anda?
d. Bagi saya semangat apostolik adalah…
e. Lawan dari semangat apostolik adalah…
f. Dalam terang inspirasi gambaran seekor anjing, mintalah rahmat kesetiaan dari Allah, loyalitas, ketaatan dan kepatuhan untuk melayani Allah.

F. INSPIRASI
“Meski kekuatan kita kecil, namun ketika Sabda mengambil kekuatan itu dari kita, dan kita patuh kepadanya, Ia akan bekerja sekuat tenaga di dalam diri mereka yang mendengarkannya dan menjalankannya.” (SW 10)#epmcmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar