Rabu, 01 April 2020

Claret "1 April"

1 APRIL
A. CLARET
1854: Menahbiskan 8 imam dan 1 diakon; mereka adalah para frater yang tiba dari Cataluña pada tanggal 15 Januari yang lalu, dengan jenjang studi yang sangat maju.
1862: Memimpin retreat untuk Putri Isabel sebagai persiapan Komuni Pertama.
1863: Mengusulkan kepada P. Jose Xifre agar seorang bruder bisa tinggal bersamanya dan akan bertugas sebagai tukang masak, sejak bulan september nanti. Ini akan menjadi permulaan sebuah komunitas Claretian dengan Bapa Pendiri di Madrid. 
B. KONGREGASI: MISI DI RUSIA
Pada tahun 1922, Tahta Suci mengorganisir sebuah misi karitatif bantuan material dengan tujuan untuk menyelamatkan, sedapat mungkin, kelaparan dan bencana di Rusia Selatan. Pertama-tama, Nuncio Vatikan di Spanyol dan kemudian Sekretaris Negara datang kepada Kongregasi untuk meminta kolaborasi dan bantuan personal bagi Misi Kepausan. Para Superior selalu berniat mendukung rencana-rencana Tahta Suci dan berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kongregasi dengan meminta kolaborasi untuk karya yang agung ini; P. Pedro Volta dan Angel Ellorz (+1976) mempersembahkan diri secara tulus untuk misi tersebut. Kedua Pater tersebut bergabung dengan Misi Kepausan dan tiba di Rusia pada tanggal 21 Agustus, dimana mereka bekerja secara heroik menolong mereka yang membutuhkan. Karya Kepausan memiliki lima center-pusat: Crimea (SVD), Krasnodar (Jesuit), Mosco (Salesian), Orenburg (seorang Jesuit) dan Rostow (Claretian). Setiap center itu independen. Mereka mendirikan panti bagi anak-anak, dapur bagi para pelajar, para pekerja, anak-anak dan orang-orang sakit, sembari membantu tenda-tenda Polandia, Lithunia, Jerman dan Asiria.
C. TOKOH: BEATO MANUEL DOMINGO Y SOL (Pendiri Colegio Spanyol, 1836-1909)

Tortosa (Tarragona, Spanyol).  Biasa juga dikenal dengan Mosen Sol. Lahir 1 April. Seorang imam pendiri Hermandad de Socerdotes Operarios Diocesanos y del Pontificio Colegio Español de San Jose de Roma. Dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1987. Sebelum didirikannya Pontificio Colegio Español tahun 1892, penanggungjawab Seminari Hispano-Romano adalah Para Claretian. Colegio ini berperan sebagai insprasi pertama, berkat peran dan usaha dari Uskup Santander, D. Vicente Calvo Valero. Pada tahun 1884 sang Uskup menawarkan kepada para Claretian untuk bertanggungjawab akan para seminarisnya di Roma. Pada awalnya dinamakan Colegio Ecclesiastico Español. Ada beberapa uskup lainnya yang ikut mendukung inisatif ini. Tugas ini memungkinkan Kongregasi bertahta di Roma pertama kalinya untuk menempati Prokura dan dapat mengirim para fraternya. Masih pada tahun 1889 para Claretian menjalankan proganda Kolegionya, namun keberuntungan sudah berahkir. Kemudian yang bertanggungjawab terhadap Kolegio adalah P. Jeronimo Batlo dan P. Antonio Naval.
D. POIN PENTING: KEBAJIKAN KERENDAHAN HATI
Kebajikan pertama yang saya usahakan: Kerendahan Hati. Sampai di sini saya telah berbicara tentang sarana-sarana paling umum yang saya pakai untuk mendapat hasil. Sekarang saya akan menyinggung kebajikan-kebajikan yang saya tahu perlu untuk seorang misionaris supaya menghasilkan buah (Aut. 340).
Untuk menjadi misionaris yang tulen, ia memerlukan kebajikan-kebajikan, dan saya yakin, harus dimulai dengan kerendahan hati sebagai dasar semua kebjikan…. (Aut. 341).
Saya menyadari bahwa kebajikan kerendahan hati terdiri atas hal ini: menyadari bahwa saya bukanlah apa-apa, bahwa saya tak bisa berbuat apa-apa kecuali berdosa, bahwa saya tergantung pada Allah dalam segala sesuatu: permulaan keberadaan, gerak-gerik, rahmat, dan saya sangat senang dengan ketergantungan pada Allah ini dan lebih suka berada dalam Allah daripada dalam diri saya…. (Aut. 347).
E. REFLEKSI PRIBADI
• Apa saja kebajikan-kebajikan apostolik yang menurutmu paling penting bagi hidupmu pada saat ini?
• Mengapa kerendahan hati menjadi dasar dari semua kebajikan yang lain?
• Bagaimana anda memahami kerendahan hati?
• Deskripsikan 5 karakter seorang pribadi yang rendah hati. Tunjukan karakter-karakter yang seharusnya lebih dikembangkan dalam dirimu.

F. KATA-KATA INSPIRATIF: “Memulai dengan melakukan apa yang seharusnya;kemudian,lakukanlah apa yang mungkin; dan tiba-tiba kamu sedang melakukan apa yang tidak mungkin" (Santo Fransiskus dari Asisi) - pydsj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar