Rabu, 08 April 2020

claret "8 april"

8 APRIL
A) CLARET: KEBAJIKAN MATIRAGA
 Aku tahu bahwa aku tidak bisa mempraktekkan keutamaan kesopanan tanpa kebajikan pengekangan diri, sehingga dengan rahmat Allah, aku menggunakan semua kekuatan saya untuk memperoleh itu, sebagai sesuatu yang berharga. (Aut. 390).
 Hal pertama yakni aku berusaha untuk menjauhkan diri dari setiap kesenangan dengan tujuan untuk memberikan kesenangan kepada Allah. Tanpa mengetahui entah bagaimana, saya merasa berkewajiban untuk memenuhi apa yang merupakan tujuan semu. Pikiranku dihadapkan dengan memilih antara kesenangan saya dan Tuhan, dan karena pikiran saya melihat ketidaksetaraan yang mencolok di antara keduanya, bahkan dalam hal kecil pun, saya akan dipaksa untuk memilih apa yang kemudian tampak lebih menyenangkan bagi Allah. Saya dengan penuh sukacita menjauhkan diri dari kesenangan yang bersangkutan, untuk menyenangkan Allah. Hal ini saya praktekan dalam segala hal: makan, minum, beristirahat, berbicara, melihat, mendengar, dalam bepergian, dll (Aut. 391).

B) REFLEKSI PRIBADI
1. Apa matiraga yang paling besar dalam kehidupan misionarismu?
2. Apakah anda merasa perlu sebuah bantuan pedagogik demi perkembangan hidup rohanimu?
3. Apakah Anda rela menerima  matiraga yang mungkin datang dalam kehidupan kerasulan Anda? 
4. Renungkanlah kata-kata Claret secara dalam: “Dan pada hari ini, berpantanglah anda dari sesuatu (minuman, makan, istirahat, program favorit, kunjungan, membaca, pesta...). Sebelum melakukannya, renungkanlah apakah motivasi yang mendorongmu untuk melakukan itu.

C) KATA-KATA INSPIRATIF:
"Pada zaman sekarang, kehausan akan barang material telah mencabut hati dan sanubari masyarakat modern" (Aut. 357).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar