Selasa, 07 April 2020

claret "7 april"

7 APRIL

A. CLARET
1852. Dalam sebuah surat kepada Pemerintah Kuba, Claret keluhkan mengenai beberapa pasangan yang tinggal bersama namun belum menikah. Hal ini terjadi karena pihak berwenang tidak membrikan izin untuk menikah oleh sebab mereka mempunyai ras yang berbeda. Claret menghimbau untuk menghapuskan larangan semacam itu; Jika tidak, ia akan membawanya ke pemerintah Madrid. 
1859. Claret menginformasikan Nuncio bahwa, dalam upaya keempat, ia telah menemukan penerus Keuskupan Agung Santiago Pater Manuel Negueruela, dari Valladolid. 
1859. Claret memulai Novena kepada Mater Dolorosa di Gereja San Fernando (Madrid). 

B. KONGREGASI: PROVINSI AMERIKA SERIKAT, EKSPANSI BARU (1922-1934)
Pada tanggal 17 Juli 1923, Amerika Serikat mengakhiri masa penggabungan sebagai wakil-Provinsi Amerika Serikat-Meksiko dan membentuk Provinsi independen dengan nama Amerika Serikat-Kanada. Curia Provinsi ditempatkan di San Gabriel dan Pater Andrés Resa dinobatkan sebagai propinsial pertama. Misi dan rumah Panama menjadi bagian dari provinsi yang baru ini, di mana para misionaris akan mengembangkan kegiatannya secara intens. Mereka mendapat apresiasi dari Kardinal dan Uskup Agung G. W. Mundelein yang akan memfasilitasi fondasi yang luarbiasa di Chicago. Peletak dasarnya adalah Pater Domingo Zaldívar dan Pater Jaime Tort. Itu adalah masa beberapa fondasi baru seperti: Phoenix (Arizona, 1925), Sweetwater dan Fort Worth (Texas, 1926). Selama 25 tahun pertama, mereka hanya mempunyai sedikit misionaris tetapi sangat berdedikasi. Kardinal Mundelein memberkati gereja Guadalupe pada 1929. Di situ pula dibentuk Novena Abadi kepada St. Yudas Tadeus yang  yang sangat populer dan pada tahun 1932 Kardinal yang sama menyetujui Perhimpunan St. Yudas yang dengannya pengabdian kepada Rasul ini mulai menyebar luas. 

C. TOKOH: CÁNDIDO BAJO, CMF: Sub-Direktur Jenderal (1894-1969)
Fuentenebro (Burgos, Spanyol). Dari keluarga pengembala, ibunya melihat ayahnya mati karena petir. Fakta ini mengharuskan dia untuk mendedikasikan dirinya tugas sebagai pengembala dan ia memiliki sedikit waktu untuk belajar. Pada usia tiga belas tahun,  dia memasuki seminari di Santo Domingo de la Calzada berkat pewartaan para misionaris dan pamannya, Pater Ceferino Pecharromán. Memiliki kecerdasan yang cemerlang, dia ditahbiskan menjadi imam pada 1920. Ia ditugaskan sebagai profesor di Segovia dan Beire, sampai penunjukannya sebagai Provinsial di Castila pada 1938. Pembagian Provinsi Castila pada 1950 menyebabkan kemerosotan secara ekonomi dan Dialah yang dipromosikan untuk berkonsolidasi dengan Yayasan seperti Sekolah Claret di Madrid dan pembangunan masa depan Provinsi Curia di Jalan Víctor Pradera. Pada 1955, ia diangkat menjadi sub-Direktur Jenderal, suatu jabatan yang ia jalankan sampai 1961, suatu karya yang besar yang dilakukan di Roma dan Salamanca. Ia memimpin Provinsi Castilla lagi sebelum kematiannya pada tanggal 21 April di Madrid.

D. POIN PENTING: KEBAJIKAN KESOPANAN
Misionaris, saya akan mengatakan kepada diri saya sendiri bahwa saya adalah tontonan bagi Allah, para malaikat, dan manusia.  Karena itu, ia harus sangat berhati-hati dan waspada dalam semua kata-kata, tindakan, dan kesaksian. Dengan begitu, saya dapat menyesuaikan diri baik secara batiniah dan aksional untuk berbicara sangat sedikit dan hati-hati menimbang kata... (Aut 384).
Saya juga yakin, bahwa seorang misionaris hendaknya berdamai dengan semua orang, sebagaimana Rasul Paulus memberi tahu kita.  Demikian aku tidak pernah bertengkar dengan siapa pun tapi berjuang untuk bersikap baik dengan semua... (Aut 386).
Diketahui juga bahwa kesopanan adalah kebajikan yang mengajari kita untuk melakukan segala sesuatu dengan cara yang pantas. Karena itu kita hendaknya melakukan segala hal sebagaimana yang Yesus Kristus lakukan. Saya sering bertanya kepada diri saya sendiri dalam setiap situasi, dan masih melakukannya, bagaimana Yesus akan bertindak. Dengan kehendak yang cermat, murni,  dan benar Dia melakukan segalanya: berkhotbah, makan, berurusan dengan semua orang, berdoa! Dengan demikian, melalui bantuan Tuhan, saya memutuskan untuk meneladani Yesus Kristus dalam segala hal agar saya dapat mengatakan melalui tindakan saya, jika tidak dalam begitu banyak perkataan seperti Rasul, Jadilah teladan bagi saya karena saya adalah dari Kristus.  (Aut 387).

E. REFLEKSI PRIBADI
1. Apakah Anda sadar bahwa pewartaan Anda yang terpenting datang dari kehidupan Anda sendiri? 
2. Apakah Anda mencoba untuk memiliki hubungan damai dengan semua orang?
3. Apakah Kristus sebenarnya model yang Anda  ikuti? 
4. Cobalah untuk melengkapi beberapa kalimat di bawah ini dengan seksama: 
 Lawan dari kesopanan misionaris adalah... 
 Pamer diri dan peninggian diri selalu memprovokasi... 
 Keunggulan bukanlah sikap narsisme perfeksionistik karena...

F. KATA-KATA INSPIRATIF: “Semua pembaruan Gereja pada hakikatnya terletak pada berkembangnya kesetiaan terhadap panggilannya. Tanpa sebuah hidup baru dan roh injili otentik, maka struktur baru apapun secara perlahan-lahan akan menjadi rusak” (Francis, Evangelii Gaudium, 26) pydsj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar