Rabu, 22 April 2020

claret "17 april"

17 APRIL
A. CLARET
1852: Penutupan Pekan Suci, hari ini Claret memulai retreat tahunan dengan keluarganya, yang akan berakhir pada tanggal 26.
1856: Claret memberitahu P. Paladio Curius bahwa, untuk saat ini, jangan memboroskan biaya untuk kebun-sekolah pertanian Puerto Príncipe, karena begitu banyak biaya yang telah dikeluarkan untuk perawatan medis, dan selain itu, jika dari Roma memintanya untuk mengundurkan diri, ia membutuhkan uang untuk perjalanannya ke Peninsula.  
1859: Claret merayakan misa pontifikal Pekan Suci di Gereja Orang Italia di Madrid .

B. KONGREGASI: EL NOVICIO INSTRUIDO, EKSPANSI BARU (1922-1934)
Seiring berjalannya waktu, penerbitan Kanon baru (1917) dan pengembangan undang-undang khusus mengharuskan sebuah redaksi manuskrip baru untuk para Novis yang mencerminkan semangat otentik dari  Pendiri. Maka dari itu, lahirlah gagasan manuskrip El Novicio Instruido (Novis yang terdidik) yang ditulis oleh P. Ramón Ribera pada tahun 1931, sebuah karya yang ditugaskan oleh Dewan General. Karya itu kaya akan referensi dari Sabda Allah, Hati Maria dan Kongregasi. Tentu saja, dokumen itu dilengkapi oleh karya-karya yang hampir sama dari Ordo-Ordo lama dan Institut modern yang sudah terakreditasi dengan baik. Pater Ribera, pada bagian akhir bab pendahuluan, memperdalam sebuah instruksi tentang Kongregasi, menekankan pentingnya Definisi Misionaris, dan mengatakan dengan jelas bahwa Pola Misionaris termuat  dalam Definisi yang ditulis tangan oleh Bapa Pendiri kita sendiri dan telah mengirimnya kepada para imam penduhulu. Sampai saat itu, modul yang telah digunakan sebelumnya dalam formasi angkatan novis dan Frater Claretian adalah Prácticas Espirituales [Latihan Rohani] karyanya P. Pablo Vallier dari tahun 1888.

C. TOKOH: FRANCISCO DE ASÍS BORBÓN, Suaminya Ratu (1822-1902)
Aranjuez (Madrid, Spanyol). Putra dari Pangeran D. Francisco de Paula dan Putri Luisa Carlota, seorang putri bangsawan Cádiz berkat penaklukan Fernando VII. Dia menikahi Ratu Isabella II, sepupu kandungnya, pada tahun 1846. Pengaruhnya terhadap politik Spanyol sangat terbatas. Mereka diceraikan pada tahun 1847, karena inkompatibilatas perkawinan mereka; namun setelah melewati berbagai daya upaya akhirnya mereka disatukan kembali pada tahun 1858. Setelah Revolusi September 1868, ia terpisah secara definitif dari Ratu, ia mengabdikan sisa hidupnya untuk membaca dan bekerja amal. Claret berkomentar dalam autobiografinya bahwa, setelah kelahiran pangeran Asturias pada tahun 1857, Raja dan Ratu mengenakan kepadanya Salib Charles III: “saya tidak mengatakan sepatah kata pun, karena keduanya bersama-sama, dan sebagaimana raja tidak menaruh kepercayaan kepada saya seperti halnya sekarang, meskipun aku menginginkanya sekali, aku hanya diam seribu basa”. Raja memiliki bapa pengakuan sendiri yaitu P. Fulgencio.

D. POIN PENTING: KETULUSAN APOSTOLIK
Di semua pemukiman yang saya singgung dalam bab terdahulu dan di pemukiman lain yang tidak saya sebut, saya berkhotbah dalam banyak kebaktian dengan beberapa tema. Sekalipun kebaktian-kebaktian itu tidak disebut “misi umat”, karena keadaan pada waktu itu tidak mengizinkan bahkan menyebut nama “misi umat”, namun tema-tema adalah sesungguhnya topik-topik misi umat. Kebaktian-kebaktian diberi nama yang berbeda: Prapaska, Bulan Maria, Lima Belas Hari untuk Rosario, Novena para Arwah, Delapan Hari untuk Sakramen Maha Kudus, Tujuh Hari untuk Maria Bersukacita. Inilah secara umum nama-nama kebaktian yang diadakan dan, sekalipun nama disebut “novena”, kami memperpanjang jumlah hari jika kami rasa perlu. (Aut 468)
Di setiap pemukiman yang saya sebut tadi, satu atau lebih dari kebaktian ini telah diselenggarakan pada tahun yang sama atau pada tahun berbeda dan selalu memperoleh hasil yang sangat memuaskan. Di mana-mana terjadi pertobatan massal, pertobatan besar dan luar biasa. Pada awal misi umat semua orang datang untuk mendengarkan saya: ada yang datang karena sungguh percaya, ada yang lain karena ingin tahu, dan yang lain lagi dengan maksud yang sangat jahat untuk melihat jika bisa menjebak saya. (Aut 469)

E. REFLEKSI PRIBADI
1. Apa saja jalan atau cara evangelisasi yang anda usahakan di lingkungan di tempat tinggalmu?
2. Bagaimana Anda mewujudkan semboyan "menggunakan segala cara yang mungkin" di lingkungan Anda (cf. CC 48)?

F. KATA-KATA INSPIRATIF: "Autobiografi Bapa pendiri selalu dihargai dalam Kongregasi, tidak hanya sebagai kesaksian pribadi, tetapi di atas semuanya itu diakui sebagai sebuah dokumen pedagogis dimana bersama dengan Konstitusi, menjadi sebuah instrumen terbaik untuk discernment dan mentransmisikan identitas karismatis P Claret" (Jesús Álvarez). #pydsj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar