Senin, 13 April 2020

claret "13 april"

13 APRIL
A. CLARET
1850. Claret berkhotbah kepada para seminaris di Girona dan mengundang mereka untuk pergi ke Kuba, sebuah undangan yang akan terealisasi ketika ia tiba di keuskupannya dan memiliki keuangan untuk proyek tersebut.
1867. Claret pindah ke El Escorial untuk melaksanakan Retreat dan pelayanan liturgi Triduum Paskah. Pada saat itu dia mengalami krisis karena endema.
1868. Pada hari-hari ini Uskup Rosendo Salvado, Benediktin, Uskup Puerto Victoria, tiba di El Escorial.  Dalam beberapa bulan dia akan menjadi penerus Claret untuk memimpin El Escorial.

B. KONGREGASI: PERSEKUSI BARU DI MEKSIKO, EKSPANSI BARU (1922-1934)
Akibat deklarasi seorang wartawan yang dialamatkan kepada Uskup Agung Meksiko, Jose Mora y del Rio, di mana ia memprotes hukum yang tidak adil yang menindas Gereja, Pemerintah, didukung oleh Konstitusi yang berlaku, mendeportasi 18 imam asing, hampir semua  adalah imam Spanyol, termasuk empat imam Claretian. Dalam persekusi ini menelan korban pada tahun 1927, yakni P.Andres Sola, bersama dengan Pater Jose Trinidad Rangel dan seorang awam bernama Leonardo Perez. Ketiganya dibeatifikasi pada 20 November 2005; beatifikasi ini berlangsung di Stadion Jalisco, dan dipimpin oleh Kardinal Claretian Jose Saraiva. Leonardo Perez dan P. Jose Trinidad Rangel meninggal pada saat itu juga. P. Sola, dengan peluru di tubuhnya, mencoba bangkit dua kali, tetapi kemudian jatuh tak berkutik di tanah bercampur minyak bumi, dia tidak bisa bergerak karena perwira yang ditugaskan menembak dia tidak menembak tepat sasaran, ahkirnya mereka membunuh P. Sola dengan memenggakanl kepalanya.

C. TOKOH: LUIS IRUARRIZAGA, CMF, Misionaris dan Musisi (1891-1928)
Igorre-Yurre (Biscay, Spanyol).  Dia mulai belajar musik di kota asalnya. Mengikrarkan kaul dalam Kongregasi pada tahun 1908. Ia mengembangkan komposisi musiknya dengan penuh semangat dan tanpa bimbingan seorang guru. Setelah ditahbiskan imam, dia ditugaskan di Madrid sebagai organis di basilik Corazon de Maria. Ia mendirikan majalah Tesoro Musical (Mutiara Musik), di mana diterbitkan sebagian besar karya musiknyaa.  Pada tahun 1919 ia mementaskan beberapa kali konser musik rohani di Teatro Real (panggung istana) di Madrid. Dia mengorganisir dua kali konser di  Katedral Westminster di London pada tahun 1919. Pendirian Sekolah Tinggi Musik Rohani di Seminari Madrid merupakan  berkat prakarsanya. Dia meninggal pada usia 37 tahun. Dia adalah seorang ahli terkemuka musik religius dan seorang spesialis dalam komposisi polifonik. Dia adalah koordinator paduan suara, penyanyi dan organis. Dia memulai dengan mengkomposisi gaya klasik, tetapi kemudian dia berevolusi menuju bentuk dan elemen baru. Para kritikus dan komposer terkenal mengakuinya sebagai inovator dan pencipta ulung dalam bidang komposisi musik religius modern.

D. POIN PENTING: ALLAH DAN MARIA SEBAGAI SUMBER CINTA
 Saya tidak mencari, ya Tuhan, dan tidak ingin tahu apa-apa selain kehendakMu yang kudus, supaya saya melaksanakannya, dan melaksanakannya, ya Tuhan, sesempurna mungkin. Saya tidak menginginkan apa-apa selain diriMu, Tuhan, dan di dalam Engkau, dan hanya melalui dan bagiMu, segala hal lain. Engkau sangat cukup untuk saya. Engkaulah bapaku, temanku, saudaraku, mempelaiku, segalanya bagiku. Saya mencintaiMu, Bapaku, kekuatanku, tempat perlindunganku, dan penghiburanku. Buatlah saya mencintaiMu, Bapaku, sama seperti Engkau mencintaiku dan menginginkan saya mencintaiMu. O Bapaku, saya tahu bahwa saya tidak mencintaiMu sebagaimana mestinya, tetapi saya yakin bahwa hari akan tiba di mana saya akan  mencintaiMu sepuas keinginanku karena Engkau akan memberikan kepadaku kasih ini yang saya minta demi Yesus dan Maria (Aut 445)
O Maria, Bundaku! Bunda kasih ilahi!  Saya tak bisa meminta sesuatu yang lebih menyenangkan Engkau, atau hal yang lebih sudi Engkau berikan, daripada kasih kepada Allah. Berikanlah saya cinta kasih itu, Bundaku! Bundaku, cinta kasih!, Bundaku, saya lapar dan haus akan cinta kasih; bantulah saya, puaskanlah kebutuhan saya. O hati Maria, tanur dan alat cinta kasih, nyalakanlah dalam hati saya cinta kasih kepada Allah dan sesama (Aut 447).

E. REFLEKSI PRIBADI
Bagi Claret, sumber cinta adalah Tuhan dan Perawan Maria.
1. Apa yang mengilhami kasih bagi Anda dalam kehidupan misionaris Anda?
2. Apakah Anda menghayati spiritualitas Cordimarian Anda sebagai sumber cinta kerasulan?
3. Sepanjang hari ini, ulangi frasa Claret untuk diri sendiri seperti gema: "Untuk kamu semua yang aku butuhkan." Ulangi itu terutama dalam menghadapi gangguan, kehilangan atau kegagalan.

F. KATA-KATA INSPIRATIF: “Saya bukanlah produk dari keadaan saya.  Saya adalah produk dari keputusan saya. "(Stephen Covey) #pjdsj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar