Sabtu, 15 Februari 2020

claret "15 February


15 FEBRUARI
A) CLARET
1850. P. Claret begitu kewalahan dengan berbagai pekerjaan, sehingga pada hari ini ia memiliki godaan-godaan yang mematikan... oleh badai yang saya hadapi.
1853. Pada kunjungan pastoral pertamanya, dari Tiguabos ia tiba di Saltadero (sekarang Guantanamo); di kedua tempat itu ia menemukan bahwa minyak-minyak tersebut berasal dari sebelum tahun 1837.
1856. Ia dapat membuat tanda tangan, dengan lengan masih dibalut setelah mengalami serangan.

B) KONGREGASI: Annales Kongregasi (Sejarah/Basis Data Kongregasi)
Pada awalnya dimulai dengan menerbitkan kronik-kronik misi dan pelayanan lainnya di majalah La Lectura Católica  (Bacaan Katolik), diterbitkan di Madrid dan ditangani oleh Bapak José Salamero, sahabat karib dan dermawan dari para misionaris. Semua komunitas berlangganan. P. José Mata berkolaborasi didalamnya. Tetapi tidak dapat memenuhi kebutuhan Kongregasi. Pada tanggal 20 November 1885 Pemimpin Umum menerbitkan edisi pertama Boletín Religioso de la Congregación,  yang kemudian, pada Januari 1889, dinamai Anales de la Congregación  (Annales/Sejarah Kongregasi), judul yang bertahan hingga Kapitel Umum tahun 1934 yang memasukkan dokumen-dokumen resmi dalam bahasa Latin sehingga kemudian dinamai Annales Congregationis. Tujuannya adalah untuk memberi informasi tentang semua yang terjadi dalam Kongregasi, tetapi juga mengisi kekosongan yang ditimbulkan dari larangan terhadap kebiasaan membaca koran dan surat kabar, dengan menerbitkan pilihan berita paling penting dari seluruh dunia. Pada awalnya diterima para pelanggan dari luar Kongregasi, tetapi segera Pemimpin Umum menyadari adanya ketidakpantasan untuk itu sehingga kemudian menjadi majalah yang secara eksklusif internal.

C) TOKOH: Manuel José Miura; Kolaborator Claret (1815-?)
Santo Domingo (Republik Dominika). Ia lahir pada tanggal 12 Februari 1815. Pada tahun1827 ia beremigrasi ke Santiago de Cuba. Ia ditahbiskan pada tahun 1839. Dia adalah Pastor Paroki di gereja Santo Thomas Rasul. Pada tahun 1852 dipercayakan kepadanya tugas sebagai promotor fiskal (urusan pajak dan pendapatan). Tentang dia, P. Claret menulis: Seorang yang baik dan orang kepercayaan saya ... sangat bersemangat dan berbudi luhur. Ia menjabat sebagai kanonis di Santiago de Cuba pada tahun 1857. Sang Santo sangat menyukainya, seperti yang terlihat pada ungkapan-ungkapan yang ditujukan kepadanya berikut ini: Anda mengetahui bahwa sudah ada, ada dan akan ada selalu di antara kita kedamaian dan harmoni pendapat yang terbaik. Ketika dekan Santiago de Cuba meninggal, Uskup Agung Primo Calvo Lope menugaskan P. Claret untuk memilih Miura. Dan Sang Santo, menurut pengakuan pripadi kepada pihak yang berkepentingan, dengan segera ia melakukannya, baik oleh karena hal ini adalah kehendak Bapak uskup agung saat ini, pun pula atas kehendak saya, karena Anda mengetahui dengan baik bahwa saya sangat mencintainya. Suster Maria Paris  mengangkatnya menjadi pengelola asetnya di Cuba. 

D) POIN PENTING: Tahbisan Imam
Pada tanggal 13 Juni 1835 saya ditahbiskan menjadi imam, bukan oleh Bapak Uskup Vich, melainakn oleh Bapak Uskup Solsona, karena Uskup Vich sedang menderita sakit, yang oleh sakitnya itu ia meninggal pada 5 tanggal Juli. Sebelum tahbisan imam saya melakukan latihan rohani selama empat puluh hari. Saya tidak pernah melakukan latihan rohani dengan lebih banyak kesedihan atau godaan; tetapi mungkin tak satupun dari semua itu saya mendapat rahmat yang lebih banyak dan lebih besar, seperti yang saya alami pada hari saya merayakan Misa perdana, yaitu pada tanggal 21 Juni, pesta  St. Luis Gonzaga, Pelindung Kongregasi, sama seperti tahbisan pada pesta St. Antonius, Santo Pelindung saya (Auto 102).

E) REFLEKSI PRIBADI
1. Adakah salah satu dari pengalaman-pengalaman terpenting Anda yang disertai dengan kesedihan dan godaan?
2. Apakah Anda telah berpikir untuk menemukan di dalamnya kasih karunia Tuhan yang berlimpah?
3. Berdoalah dengan kata-kata St. Paulus: "hidupkanlah di dalam dirimu karunia yang kamu terima sejak awal."
4. Undanglah orang lain untuk menjadi "penjala manusia".

F) KATA-KATA INSPIRATIF
“Untuk datang bergabung dalam hidup oleh rahmat dan oleh kasih yang sempurna ini, akan menjadi gelaplah segala sesuatu yang dapat masuk melalui mata, dan segala sesuatu yang dapat diterima dengan telinga, dan dapat dibayangkan dengan fantasi, dan dipahami dengan hati, di sinilah jiwa berarti” (St. Yohanes dari Salib, Pendakian Gunung Carmel, II.4.4.).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar