Minggu, 23 Februari 2020

claret "23 February


23 FEBRUARI
A) CLARET
1853. Claret tiba di Baracoa (Kuba), setelah melewati perjalanan darat yang sulit selama dua hari. Sejak 60 tahun yang lalu tak seorang uskup pun mengunjungi kota ini. 
1856. Claret menulis surat kepada Paus seraya berkonsultasi dengannya mengenai apakah ia melanjutkan misi di Kuba atau kembali ke Península [Semenanjung].
1867. Ia berwawancara dengan Menteri Arrazola untuk mempercepat pendirian Biara para suster Maria París di Reus.

B) KONGREGASI: PEMBENTUKAN PARA INSPEKTUR/PENGUNJUNG
Untuk inspektorat di Guinea diutuslah dua orang Prefek Kerasulan yang baru yang menggantikan P. Ciriaco Ramírez: pertama, P. Pedro Vall-Llovera, yang meninggal satu setengah tahun kemudian karena penyakit gangren. Tak lama kemudian tiba P. Armengol Coll, misionaris hebat yang ditunjuk menjadi Vikaris Apostolik pertama dan Uskup pertama dalam Kongregasi sesudah Bapa Pendiri. Dalam Kapitel tahun 1895 dibentuklah Inspektorat yang baru di Amerika, yang bergantung pada Provinsi-Provinsi baru di Spanyol: untuk Meksiko pengunjungnya dari Cataluña; dan Chili pengunjungnya dari Castilla. Adapun Inspektorat untuk Amerika Selatan telah didirikan di Valparaíso dan Curicó (1880), dan di Linares (1895). Yang menjadi Pengunjung untuk Amerika Utara adalah P. Domingo Solá sampai terpilihnya P. Juan Melé. Didirikan di Guanajuato (1895), León (1895), Puebla (1896) dan Orizaba (1900), semuanya di Meksiko
NB: Gangren artinya jaringan mati yang disebabkan oleh infeksi atau kurangnya aliran darah.

C) TOKOH: JUAN GIL, CMF; PREFEK APOSTOLIK DI CHOCÓ (1867-1912)
Navares de Enmedio (Segovia, Spanyol). Pada tanggal 28 April 1908 Takhta Suci membentuk Prefektur Apostolik Chocó, di Kolombia, dipercayakan kepada para Putra-Putra Hati Maria, dan mengangkat P. Juan Gil sebagai Prefek pertamanya. Panggilannya yang agung adalah menjadi seorang pengkhotbah. Pada April 1894 ia menerima perutusan ke komunitas Almendralejo tempat di mana pada tahun berikutnya ia harus menjadi Superior menggantikan P. Inocencio Heredero. Kepada P. Pater Gil diberikan tugas untuk mendirikan rumah-kolegio di Jerez. Pada tahun 1906 ia diangkat sebagai Superior di Plasencia. Sementara di sana, pada tahun 1908 ia diangkat menjadi Prefek Apostolik pertama di Chocó. Pada kesempatan kunjungannya ke Bogotá, Uskup Agung Bernardo Herrera y Restrepo menawarkan kepada Kongregasi el Templo del Voto Nacional [Basilika Hati Kudus Yesus] . Pada tahun 1911 ia bertemu Santa Laura Montoya di Medellín yang dengannya ia  bekerja dalam Pendirian  Kongregasi Suster Hermanas de la Presentación [Missionary Sisters of Mary Immaculate and St Catherine of Siena]. Ia menderita dan bekerja sampai titik darah penghabisan, meninggal pada usia 45 tahun dan tiga setelah tahun tinggal di Kolombia.

D) POIN PENTING: PARA NABI DAN PARA PENJAGA 
Hal yang sama terjadi pada saya ketika membaca nabi Yehezkiel, khususnya bab 3 dengan kata-kata ini: “Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan satu firman dariKu, peringatkanlah mereka atas namaKu (ayat 18). Jika Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati!, dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungjawaban atas nyawanya dari padamu (ayat 18). Tetapi jika engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kesalahan dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu” (19) (Auto 119).

E) REFLEKSI PRIBADI
1. Apakah Anda merasa diri Anda sebagai seorang penjaga dan nabi Tuhan ataukah sekadar seorang pejabat agama biasa?
2. Realitas-realitas apakah dari dunia dan dari saudara-saudaramu yang mengkhawatirkan dan menantang hidup misioner Anda?
3. Apa yang harus kita tunjukkan agar menjadi para nabi yang sejati?

F) KATA-KATA INSPIRATIF
"setiap hal yang harus kita putuskan adalah apa yang harus dilakukan bersama waktu yang diberikan kepada kita" (Film El Senor de los anillos: la comunidad del anillo [Tuan semua cincin: komunitas cincin].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar