Minggu, 16 Februari 2020

claret "16 February



16 FEBRUARI
A) CLARET

1851. Mereka tiba di Santiago de Cuba setelah menempuh pelayaran selama satu setengah bulan. 
1862. Pada hari Minggu ini ia berkhotbah di Villaverde, sebuah kampung yang dekat dengan Madrid.
1866. Diterima oleh P. Claret Konstitusi-Konstitusi para misionaris yang telah disetujui ad quinquennium (selama lima tahun). Dia menyerahkan Konstitusi-Konstitusi tersebut kepada P. José Xifré.

B) KONGREGASI: CORDIS MARIAE FILIUS (CMF)
Praktik lama menawarkan berbagai akronim pada akhir tanda tangan para Misionaris Claretian: Pbro. (Presbyter= imam), Mro. (Misionaris), P. del C. de Mª (Pater dari Hati Maria), dari I. C. de Mª ... Inilah yang dilakukan oleh misionaris dari Segovia: Berenguer, Casanovas, dan Fabregas. Akronim CMF aktual mulai digunakan sekitar tahun 1878, dan diteruskan sampai pada tahun 1887 dimana P. Xifré dalam Boletín Religioso menawarkan sebuah ketentuan yang mengatakan: Sematkanlah bersama nama belakang inisial C.M.F. (Cordis Mariae Filius) karena ini adalah ciri khas sejati yang dengannya kita menghargai individu-individu dalam Kongregasi. Belakangan ini diperkenalkan kebiasaan yakni para postulan menambah pada nama belakang dengan akronim: CMP (Cordis Mariae Postulan) dan para novis CMFolus (Cordis Mariae Filiolus).

C) TOKOH: Joan Sidera, CMF; Cendikiawan tentang Claret (1918-2018)
La Cellera de Ter (Girona, Spanyol). Ia masuk dalam Kongregasi hanya dengan umur sembilan tahun. Ia adalah teman kuliah dari mereka yang sebagian besar telah menjadi martir dalam perang sipil Spanyol dan kemudian dibeatifikasi. Ia mengambil bagian dalam perang seperti kebanyakan anak muda seusianya, meskipun dalam pelayanan pertolongan. Dedikasi pastoralnya, secara fundamental bersifat mendidik. Dia adalah lulusan Ilmu Kimia. Pendiri dan direktur kolegio junior di Cervera. Pada tahun 1979 hidupnya berubah ketika dia ditugaskan di komunitas Vic. Di sana, berkat minatnya pada tema-tema sejarah, ia mengembangkan hingga hampir kematiannya sebuah karya yang intens dalam penelitian tentang Bapa Pendiri dan Kongregasi, terutama sebagai penanggung jawab bagi 30 tahun Paxian Arxiu. Mustahil untuk memuat sejumlah investigasi dan publikasi pribadi dan kongresionalnya di sini. Pada bulan Juni 2017, pada kesempatan ulang tahun ke-75 tahbisannya, dipublikasikan sebuah volum-penghargaan yang sangat menarik tentang keluarga Claret yang berjudul Enamoraos de Cristo ... y de Claret (Jatuh Cintalah Kalian pada Kristus… dan Claret). Ia meninggal pada tanggal 4 Februari, beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-100.

D) POIN PENTING: Pastoral y Formasi
Saya merayakan Misa perdana di kampung halaman saya ... Pada tanggal 2 Agustus, pesta Porciúncula, merupakan hari dimana saya mulai mendengarkan pengakuan, dan saya berada di bilik pengakuan selama enam jam berturut-turut, dari pukul lima sampai pukul sebelas pagi. Khotbah pertama saya bawakan pada bulan september tahun itu pada pesta utama kampung halaman saya, di mana saya membuat kotbah pujian kepada Santo Pelindung Penduduk kampung, dan pada hari berikutnya saya membuat kotbah lain mengenai arwah- arwah orang beriman dari kampung itu ...(Auto 103).
Setelah menyelesaikan tugas-tugas ini di kampung halaman, saya kembali ke Vich untuk melanjutkan studi dan menyelesaikan semuanya, tetapi, karena alasan perang sipil para frater tidak dapat berkumpul di Seminari dan terpaksa belajar  dalam prtemuan-pertemuan pribadi, dan juga karena Bapak Gubernur Gerejani dan Vikaris Kapitular tidak mempunyai tenaga untuk dikirim sebagai Romo Pembantu di pemukiman saya, ia ingin agar saya pergi ke sana dan belajar dalam pertemuan, seperti yang akan saya lakukan di Vich, pada tahun-tahun yang kurang dalam studi, saya melakukan demikian karena ketaatan sampai menyelesaikan studi saya, sebagaimana terbukti dalam sertifikat yang diberikan oleh Seminari Vich ... (Auto 104).

E) REFLEKSI PRIBADI
Empat tahun pertama imamat Claret diwarnai dengan pastoral dan studi; yang terakhir ini dilakukan di tengah-tengah kesulitan yang keras.
1. Apakah Anda mengalami kesulitan-kesulitan dalam menjalani formasi lanjutan yang Anda perlukan?
2. Apakah Anda berkomitmen untuk mengatasinya dan karenanya Anda memperoleh formasi yang penting yang sesuai dengan zaman kita?
3. Pada posisi manakah pembaruan permanen untuk merespons tantangan misi dengan lebih baik dalam formasi misioner Anda?

F) KATA-KATA INSPIRATIF

“Yesus juga dapat mematahkan kategori-kategori membosankan yang di dalamnya seolah-olah lebih banyak mengunci-Nya dan Dia senantiasa membuat kita takjub dengan daya cipta ilahi-Nya.” (Fransiskus, Evangelii gaudium, 11).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar