Sabtu, 22 Februari 2020

claret "22 February

22 FEBRUARI
A) CLARET
1855. Ia tiba di Guizá (Kuba) untuk memulai sebuah misi.
1863. Claret sedang memberikan Latihan Rohani kepada Para Suster Vedrunas [Carmelite Sisters of Charity] dari Kolegio Plaza San Francisco (Madrid).
1865. Dengan sabar ia menanggung keterlambatan gajinya, karena negara mengalami kebangkrutan kecil, sehingga Ratu sendiri menjual sebagian asetnya untuk memenuhi pembayaran pemerintah.

B) KONGREGASI: PEMBAGIAN MENJADI DUA PROVINSI: CATALUÑA DAN CASTILLA

Pada tahun 1895 diadakan Kapitel Umum VI di Cervera (3-16 September), kali ini merupakan Kapitel Umum yang luar biasa. Pada kapitel ini Institut dibagi dalam dua Provinsi: Cataluña dan Castilla. Tetapi, ketika ketiadaan undang-undang yang tepat tentang kekuasaan Pemerintah-Pemerintah Provinsi, intervensi yang eksesif dari Pemerintah Umum terus diberikan, terutama dari Pater Pemimpin Umum. Tidak ada pemilihan Pemerintah Umum yang baru. Provinsi Cataluña mencakup: Cataluña, Aragón, Valencia dan Murcia; Kepulauan Baleares dan Canarias; USA, Meksiko dan Negara-Negara Republik lain di Amerika Tengah. Provinsial pertama yang terpilih adalah P. Felix Alejandro Cepeda, orang Chili. Pendirian-pendirian pertama Provinsi ini adalah: Santa Cruz de Tenerife (1896), Sabadell dan Olesa de Montserrat (1899); semuanya di Spanyol. Yang termasuk dalam Provinsi Castilla: dua Castilla yang lama, Extremadura, Andalucía, León, Navarra, Galicia, Asturias, País Vasco, dan Negara-Negara Republik di Amerika Selatan. P. Isaac Burgos terpilih menjadi Provinsial pertama. Pendirian pertama dari Provinsi ini adalah di Aranda de Duero, Spanyol (1897).

C) TOKOH: LORENZO ARRAZOLA; MENTERI PEMERINTAH SPANYOL (1797-1857)
Checa (Guadalajara, Spanyol). Ia adalah salah satu politisi sangat terkenal di Spanyol pada abad XIX. Ia pernah belajar di Seminari León. Ia meninggalkan seminari untuk masuk tentara ketika berusa 26 tahun. Meraih gelar doktor Ilmu Hukum di Valladolid, menjadi anggota partai moderat, dan seorang penasihat kerajaan, Ketua Mahkamah Agung, anggota DPR dan senator. Tujuh kali menjadi Ministro de Gracia y Justicia (Literer: Menteri Rahmat dan Keadilan = MENKUMHAM). Ia juga adalah seorang pembicara dan penulis yang sangat menonjol. Ia menulis Enciclopedia de Derecho y Administración [Ensiklopedi Hukum dan Administrasi], serta karya sastra lainnya dalam bentuk prosa dan syair yakni sebuan catatan filsafat dan sebuah memori tentang gempa bumi. Sementara menjabat sebagai Menteri pada tahun 1849, ia mendesak agar P. Claret menerima Keuskupan Agung Santiago de Cuba. Mereka cukup mempertahankan korespondensi dan persahabatan sejati. Selama Claret tinggal di Madrid sebagai Bapa Pengakuan Ratu Isabela II, Arrazola sering mengunjungi rumahnya. Dia adalah anggota hierarki kelas atas dalam Academia de San Miguel (Akademi San Miguel). Ia meninggal di Madrid pada tanggal 23 Februari 1857.

D) POIN PENTING: DIUTUS UNTUK MEVARTAKAN INJIL KEPADA ORANG MISKIN
Tuhan menyadarkan saya bahwa saya tidak hanya harus berkotbah kepada para pendosa tetapi juga saya harus berkotbah dan berkatekese, dll., dll., kepada para petani dan orang-orang kampung yang sederhana. Dan karena itu, Ia berkata kepada saya: “Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, Tuhan, akan mendengarkan mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka”(17). Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata air membual di tengah daratan”. Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tananh kering” (18). Secara sangat istimewa Allah Tuhan kita membuat saya memahami kata-kata tersebut: “Roh Tuhan ada padaku dan Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin dan menyembuhkan orang yang remuk hatinya” (Yes. 61:1)(AutO 118).

E) REFLEKSI PRIBADI
1. Apakah Anda menyadari bahwa Anda telah diurapi oleh Roh untuk menjadi seorang misionaris?
2. Siapakah “orang miskin” yang kepadanya Roh mengirim Anda untuk mewartakan Injil?
3. Apa sajakah periferi-periferi geografis dan eksistensial yang menantikan pewartaan Injil di lingkungan tempat Anda berada saat ini?

F) KATA-KATA INSPIRATIF
“Untuk menyukai semuanya, engkau tidak ingin mempunyai kesukaan pada apa pun.
Untuk memiliki semuanya, engkau tidak ingin memiliki sesuatu sama sekali.
Untuk menjadi segalanya, engkau tidak ingin menjadi sesuatu sama sekali.
Untuk mengetahui segalanya, engkau tidak ingin mengetahui sesuatu sama sekali”
(St. Yohanes dari Salib, Pendakian Gunung Karmel, I.13.11).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar