Jumat, 10 Januari 2020

Claret "10 januari 2020"


10 JANUARI: 
A)Claret: 1834, atas nama keponakannya, Maria Claret dan Casajoana, P. Claret meminta indulgensi kepada uskup bagi doa yang dilaksanakannya di depan patung Perawan Maria yang telah dibelinya. 1854, tiba di Santiago-Kuba 10 seminaris dari Keuskupan Gerona. 1868, setelah beberapa hari sakit, hari ini Claret dapat berkomunikasi dgn P. Jose Xifre: "Saya merasa lebih baik". 

B)Kongregasi: Direktori Spiritual yang pertama: ditulis oleh Bapa Pendiri, hampir bersamaan dgn Konstitusi, dan dipublikasikan oleh P. Xifre tahun 1858 dgn beberapa perubahan. Direktori ini berisikan tentang hidup misioner, doa-doa, pemeriksaan batin, etc. 

C) Tokoh: Dionisio Gonzalez de Mendoza, Rekan kerja P. Claret (1815-1887). Claret mengangkatnya menjadi tribunal Kanonis Santiago Kuba dan Vikaris Jendral. Dialah salah satu teman yang paling akrab dari Claret. 

D) Point penting: Cinta pada masa perang; Claret setia menemani dan membantu kakeknya, Juan Clara, saat pengungsian akibat perang kemerdekaan thn 1808-1814 (Aut. 19). E)Refleksi Personal: 
1. Ingatlah kakek-nenekmu atau para lansia lainnya di kampung halamanmu.
2. Bagaimana sikapmu terhadap para lansia? 
3. Apakah anda merasa dekat dan tertarik dgn para claretian lansia dan sakit? 
4. Carilah kesempatan utk bertemu dgn seorang lansia atau orang sakit. 

F)Kata-kata inspiratif: "Salah satu keyakinan yang paling mendalam dan spontan dari para anggota pertama tarekat adalah bahwa kongregasi adalah karya Allah dan Maria. Baik Bapa Pendiri maupun para Co-pendiri tanpa ragu menyebut Kongregasi sebagai "Kudus, Tersuci, Karya Ilahi" (Aquilino Bocos Merino, Warisan dan Kenabian, 21).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar