Rabu, 22 Januari 2020

claret "22 januari"


22 JANUARI
A) CLARET
1850. Di Kapela istana keuskupan Tarragona ia membaptis kembali seorang ibu protestan calvinis.
1864. Kongregasi akan berusia 25 tahun; maka harus mengurus proses persetujuannya dan Konstitusi-konstitusi. Untuk tujuan itu maka dari Roma meminta sebuah Berita <Informasi> mengenai perkembangan dan keberadaan aktual Kongregasi pada saat itu. Claret mempercayakan hal tersebut kepada P. Xifré. 
1864. Claret setia dalam persahabatan dengan keluarga Fuster, dari Calella (Barcelona), ia menyampaikan rasa belasungkawanya atas kematian nenek Prisca, yang 20 tahun lalu mencuci pakaian Claret ketika ia berkotbah di sana.

B) KONGREGASI: Para Misionaris dalam rumah
Yang mengatur kehidupan para misionaris adalah Konstitusi-Konstitusi, Direktori da Directori. Konstitusi-konstitusi dan Direktori ditulis oleh Claret, sementara Directori merupakan karya P. Claret yang didedikasikan bagi para Bruder. Kehidupan di rumah cukup teratur sejak awal. Bangun pagi pada pukul 04.00 dini hari, dan setelah satu jam meditasi dilanjutkan dengan Misa. Ada konferensi Moral yang wajib, pemeriksaan batin dan makan siang. Pada sore hari, setelah doa-doa, satu konferensi lagi mengenai Pewartaan, dan pesiar. Saat pulang, lanjut dengan  konferensi mengenai kehidupan Mistik, makan malam, visitasi Sakramen Maha Kudus dan rekreasi sampai pukul 21.45 saat mereka pergi beristrahat malam. Tetapi, meskipun semuanya sudah diatur, suasana kekeluargaan, hal yang ideal dari Bapa Pendiri, selalu rasanya terhenti. Mereka bukanlah kaum religius dalam pengertian kanonik kata tersebut, karena mereka tidak mengikrarkan kaul-kaul, baik kaul publik maupun kaul privat. Sejak semula, meskipun mereka bukanlah subyek <pelaku> dari jenis kehidupan sperti ini, mereka menyatakan diri mereka sebagai kaum religius yang memperhatikan dengan baik kehidupan membiara. 

C) TOKOH: José Gras y Granollers, Pendiri (1834-1918). 
Agramunt (Lérida, Panyol). Lahir pada tanggal 22 Januari. Antara tahun 1860 dan tahun 1865 ia tinggal di Madrid dan Écija (Sevilla), di mana ia menjadi pembimbing anak-anak marqués < anggota bangsawan kategori lebih rendah dari adipati dan lebih tinggi dari penguasa daerah> dari Peñaflor dan melakukan berbagai kegiatan kerasulan. Rumah untuk para kanonis <ahli hukum>  di Biara Sacromonte, Granada dimenangkan oleh oposi, tempat ia tinggal mulai saat itu. Ia merupakan dosen Sejarah Gereja di Kolegio yang menyatu/bersambungan dengan Biara sampai kematiannya pada tanggal 7 Juli. Kegiatan utamanya berpusat pada menulis di Koran-koran dan majalah-majalah, menjadikan propaganda katolik sebagai sarana kerasulannya. Dengan karakternya sebagai pengiklan, ia mendirikan serikat sastra-keagamaan Academia y Corte de Cristo di Granada pada tahun 1866. Pada tahun 1876 ia mendirikan tarekat religius Hijas de Cristo Rey <Putri-Putri Kristus Raja>, sebuah kongregasi yang berdedikasi di bidang pendidikan Kristen usia dini. Dia sering berkonsultasi mengenai proyek-proyek pendiriannya kepada P. Claret, ia menerima dorongan dan nasehat melalui sejumlah surat, juga menyangkut Academia y Corte de Cristo. Ia juga meminta indulgensi dari Claret untuk berbagai penerbitannya. 


D) POIN PENTING: Seorang telegraf Maria.
Saya tidak pernah merasa lelah berada dalam Gereja, di hadapan Patung Maria Ratu Rosario, dan saya bercakap-cakap dan berdoa dengan sedemikan yakinnya, saya percaya dengan sungguh bahwa Perawan Tersuci mendengarkan saya. Saya membayangkan bahwa dari patung yang di hadapannya saya berdoa, ada sebuah jalur kawat yang menghubungkan sampai kepada yang aslinya, yang ada di Surga; tanpa saya pernah melihat kabel telegraf pada waktu itu, saya membayangkan seolah-olah ada sebuah kabel telegraf dari patung ke Surga. Saya tidak dapat menjelaskan betapa tinggi perhatian, khidmat dan devosi saat saya berdoa, lebih daripada sekarang (Auto 48).

E) REFLEKSI PRIBADI
Claret mengungkapkan dengan imaginasi kedekatan yang dirasakannya saat berdoa kepada Perawan Maria.
1. Bagaimana Anda menghidupi kehadiran Maria yang dekat? 
2. Apakah anda mengekspresikannya dengan isyarat-isyarat <gestur> yang konkret?
3. Doakanlah beberapa pesritiwa Rosario dengan saudara-saudara yang lain di Komunitas. 
 4. Tuliskanlah sebuah litani kepada Perawan Maria yang mengekspresikan hubungan Anda denganya.

F) KATA-KATA INSPIRATIF
“Kita semua dipanggil untuk bertumbuh setiap hari dalam kesetiaan… Yang sedang kita bicarakan adalah soal menanggapi rahmat Allah atau bagaimana secara kreatif menjadi setia terhadap karunia yang telah kita terima dan melakukan pelayanan dengan clarividencia (kewaskitaan/ daya ramal)” (Aquilino Bocos Merino, Herencia y Profecia, 76).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar