Senin, 06 Januari 2020

Claret "5 Januari 2020"


5 JANUARI: 
A)Claret: 1849, berkotbah di Santa Lucia (Canarias). 1866, Claret menerima berita kematian seorg putra dari saudarinya Rosa. 

B)Kongregasi: Claret tdk mendirikan sebuah kongregasi religius, sebab sejak 1835 biara2 religius pemerintahan spanyol mengeksklautrasi semua biara religius dan merampas semua kekayaan milik mereka; Kongregasi yg didirikan Claret pada awalnya sebuah kongregasi para imam yg bermisi utk pewartaan Sabda, memberi retreat dan katekese, dan siap diutus oleh para Uskup. 

C)Tokoh: Alfonso Milagro,CMF, Misionaris dan Penulis (1915-1981). 

D) Point penting: Tenunan misteri Penyelenggaraan Ilahi: sejak kecil dan seluruh hidupnya, Claret selalu mengalami Penyelenggaraan Ilahi, terutama dalam situasi bahaya, krisis dan penderitaan sepanjang hidupnya. Allah selalu menjaga dan menolongnya (cf. Aut.7). 

E)Refleksi personal: 
1. Apakah anda pernah mengalami Penyelenggaraan Ilahi spesial dalam sejarah hidupmu? 
2. Apakah anda menyadari Penyelenggaraan Allah dalam moment suka dan duka? 
3. Renungkan dan hadirkan situasi terang dan gelap dalam hidupmu selama ini; Apakah yang menguatkanmu? 4. Penyelenggaraan Ilahi.... ( lengkapilah kalimat ini). 

F) Kata-kata inspiratif: "Manusia, terdorong oleh hasrat untuk memiliki dan menikmati, lebih daripada untuk ada dan percaya, mengkonsumsi secara masif dan tak teratur sumber daya alam dan hidupnya sendiri. Akar dari pengerusakan lingkungan hidup adalah sebuah kekeliruan-krisis antropologis, yang semakin marak dalam dunia dewasa ini"
( Yohanes Paulus II, Centesimus Annus, 37).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar