Kamis, 30 Januari 2020

Claret "30 januari"


30 JANUARI
A) CLARET
1862. Claret memberitahu Tn. Dionisio González mengenai sejumlah besar pohon pir berkualitas tinggi nan unik dari Barcelona untuk ditanam di El Escorial.
1862. Ia menulis kepad P. Xifré mengenai krisis panggilan dari seorang misionaris, tentang sedikitnya pekerjaan nyata dari mereka yang di Gracia, dan mengenai besarnya stipendium misa yang akan diterima oleh tiga komunitas dalam Kongregasi dari El Escorial. 
1863. Ia memulai serangkaian Latiha-Latihan Rohani kepada para ibu di Gereja Monserrat (Madrid).

B) KONGREGASI: Pendirian Pertama di Amerika
Baik pendirian di Argel maupun di Chile keduanya dibuat dengan persetujuan Bapa Pendiri. Pendirian di Chile merupakan sebuah usulan dari Romo D. Santiago de la Peña, yang sebelumnya telah membangun kapela dan ia ingin agar peribadatan dilestarikan. Pada tanggal 13 desember 1869 para misionaris pertama berangkat menuju Santiago Chile. Yang memimpin adalah P. Pablo Vallier. Ada masalah dengan D. Santiago, dia memprovokasi permusuhan di tengah umat. Mereka membatalkan kontrak dan, seminggu setelah mereka tiba, mereka mengubah residensi mereka. P. Xifré mengunjungi mereka, satu kali ketika mereka ditempatkan di Kapela Belen; dan ia datang untuk melakukan tiga kunjungan kepada mereka selama bertahun-tahun. P. Vallier mengembangkan Kongregasi dengan mendirikan juga di Serena pada tahun 1873; dan dia diangkat menjadi Visitor pada tahun 1876. Pada tanggal 16 november 1869, Claret menulis sambil menyatakan kepuasaannya kepada Xifré untuk misi di Chile; dan mengatakan kepadanya bahwa ia sebenarnya senang pergi ke la vina joven (kebun anggur muda) Amerika. Ini merupakan pendirian pertama di Amerika, dan yang pertama bertahan lama di luar Eropa.
 
C) TOKOH: Pedro Mulleras, CMF; Misionaris dan Pewarta (1843-1900).
Olot (Gerona, Spanyol). Sahabat karib dari P. Ramón Fluviá. Keduanya melamar masuk seminari Claretian di Prades. Yang diterima P. Fluviá, namun ia tidak dengan tiga alasan: ia sudah tua, ia telah menjadi tentara liberal, dan ia pernah menjadi aspiran di Kongregasi Escolapios. Akhirnya, ia diterima dan keduanya masuk dalam Kongregasi. Ia berbakat dalam pewartaan. Ia cemerlang dan sosok yang baik. Namun terutama ia menonjol dalam kualitas moral dan spiritual. Ia mendirikan rumah-rumah di Alagón dan Lérida. Dan ia sangat berpengaruh dalam akuisisi Universitas Cervera. Juga ia adalah superior pertama di rumah di Ciudad Real di mana ia meninggal pada tanggal 29 januari. Ia ikut serta dalam Kapitel Umum tahun 1895 dan ikut serta dalam pertimbangan yang berpuncak pada pembagian dalam Provinsi-Provinsi. Demikianlah diungkapkan oleh P. Aguilar: P. Mulleras, yang praktik-praktik kesuciaannya seperti malaikat, berhati besar, sebuah hati yang sungguh kebapaan. Tetapi di mana saja dia berada, ia memenangkan simpati semua orang.  

D) POIN PENTING: Penaklukan akan ketenaran

Tersebar di seluruh Barcelona ketenaran akan keterampilan yang Tuhan telah berikan kepada saya dalam hal pabrikasi. Hal inilah yang menjadi alasan beberapa orang menghubungi ayah saya dan mengatakan kepadanya rencana untuk membentuk perusahan bersama dan membuka pabrik kami sendiri. Ide ini sangat menggiurkan ayah saya, karena memberi kontribusi kepada perkemabangan yang lebih besar bagi pabrik yang telah dimilikinya; dia memberitahukan kepada saya dan menunjukkan berbagai keuntungan yang mungkin akan diperoleh dan kekayaan yang disediakan bagi saya (Auto 63).

E) REFLEKSI PRIBADI
1. Apakah Anda pernah bermimpi akan kesuksesan dan ketenaran? Apa jenisnya?
2.  Apakah Anda pernah menerima tawaran yang menggiurkan dalam hidupmua?
3. Bagaimana Anda menemukan bahwa kemuliaan Allah yang lebih besar adalah mengikuti Kristus? 
4. Gambaran yang saya miliki tentang diriku adalah….
5. Gambaran yang dimiliki orang lain tentang saya adalah…
6. Gambaran yang saya berikan kepada sesama adalah…

F) KATA-KATA INSPIRATIF
“Pada setiap orang kudus memiliki keterbatasan manusiawi yang adalah kebodohan jika ingin menirunya. Dan bahkan di antara ekspresi-ekspresi positif dari spiritualitasnya selalu ada beberapa yang sangat terkait erat dengan sebuah keadaan sekitar atau dengan sebuah karakter tertentu, yang secara praktis tidak dapat ditransfer” (Juan M. Lozano, Un místico de la acción < Seorang mistikus aksi>, hal. 32).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar