Rabu, 29 Januari 2020

claret "29 januari"


29 JANUARI
A) CLARET
1849. Ia menyelesaikan sebuah misi di Tirajana (Gran Canaria) dan prosesi berlanjut ke Tejeda. 
1861. Ia mengunjungi ladang di El Piul, milik El Escorial dan sudah rusak parah oleh luapan sungai Jarama. 
1867. Ia memberi instruksi kepada Tn. Dionisio González mengenai pamflet - laporan tahunan seminari dan kolegio di El Escorial, seraya membuat spesifikasi bahwa ada mata pelajaran Bahasa Ibrani, Arab, Latin, Jerman, Inggris, Italia, Prancis, dan musik vocal dan instrumen. 

B) KONGREGASI: Pendirian di Argel
Kekhawatiran P. Xifré adalah soal expansi, situasi-situasi yang dihadapi dan pertumbuhan anggota dalam Kongregasi. Pendirian pertama di Argel, wilayah dependen Prancis. Pada tanggal 4 oktober 1869 para Pater Pedro Alibés, José Quintana, Bernardo Bech, dan Bruder Felipe Gómez (sekali lagi sebuah komunitas campuran) mereka pergi ke daerah itu, diundang oleh Mgr. Charles Lavigerie (1825-1892), pendiri serikat Padres Blancos (1868). Di sana mereka menghadapi banyak kesulitan, kekurangan lapangan pekerjaan, lingkungan yang tidak bersahabat, termasuk dari pihak Prelatus, pribadi yang terlalu ceroboh sehingga memberikan ekskomunikasi dengan sangat gampang dan tanpa kecuali ekskomunikasi juga diberikan kepada para misionaris sendiri. Meskipun Pengacara dari Republik Argelia melindungi mereka, namun karena segalanya menjadi semakin sulit, juga dalam aspek ekonomi, mereka meninggalkan pendirian (rumah di Argel) pada tahun 1888. Inilah pendirian pertama di Afrika, masih dalam kehidupan Bapa Pendiri, dan juga satu dari berbagai upaya awal untuk membuat proyek misi Claretian melalui pendidikan. Sebuah contoh pencermatan <disermen> yang baik dalam situasi yang merugikan. 

C) TOKOH:  Félix Alejandro Cepeda, CMF; Provinsial Pertama Cataluña (1854-1930)
La Serena (Chile). Ia ditabiskan sebagai imam diosesan. Pada tahun 1887, setelah mendengar sebuah diskursus tentang Hati Maria di Gereja para Misionaris Claretian di La Serena, ia memutuskan untuk masuk dalam Kongregasi. Ia sudah di Spanyol, ketika Kongregasi dibagi ke dalam Provinsi-Provinsi, ia dipilih oleh P. Xifré menjadi Superior Provinsi Cataluña pertama. Ia juga menjadi Visitor dan Superior Wakil Provinsi Meksiko dan Amerika Serikat. Di Meksiko ia mendirikan majalah Maria: La Esperanza. Didirikannya juga rumah-rumah di Querétaro, San Gabriel, Tepic, Los Angeles, La Condesa, Yuma dan Prescott. Kembali ke Spanyol, tahun 1920 ia dipilih menjadi Konsultor Jendral setelah kematian P. Isaac Burgos. Ia menemani P. Martín Alsina dan P. Nicolas García dalam kunjungan-kunjungan ke Amerika dan Guinea Ecuatorial, terlepas dari umurnya yang sudah lanjut. Ia menulis banyak karya, antara lain Ananías, dan biografi dari Br. Mariano González dan Maria Antonia Paris. Ia meninggal di Madrid, jauh dari tanah airnya tercinta, Chile.

D) POIN PENTING: Kesiapsediaan Membantu
Mengenai Pabrikasi, saya tidak hanya sangat pandai dalam memahami pola-pola, seperti yang sudah saya katakana, melainkan juga terampil dalam merangkai peralatan tenun; karena itu beberapa pekerja meminta bantuan kepada saya untuk memasang alat-alat mereka, karena mereka selalu gagal, dan saya selalu berusaha membahagiakan mereka, dan karena itulah mereka sangat menghormati dan mencintai saya (Auto 62).

E) REFLEKSI PRIBADI
1. Apakah Anda menempatkan karunia dan kemampuan Anda demi melayani orang lain? 
2. Dengan sikap roh apakah Anda memberikan bantuan bagi mereka yang meminta kepadamu?
3. Bagaimana Anda menilai kesiapsediaanmu?
4. Hidup bagi orang lain berarti bersedia. Apakah Anda hidup seperti ini? Apakah mereka melihatmu demikian? 

F) KATA-KATA INSPIRATIF
“Kongregasi, merasa <memahami> dirinya sebagai karya Maria, ia mengalami keamanan, kepercayaan, dorongan misioner…. Keputraan Maria adalah sebuah tanda esensial dari karisma misioner kita” (Aquilino Bocos Merino, Herencia y profecia <Warisan dan nubuat>, 23).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar