Selasa, 07 Januari 2020

Claret "7 Januari 2020"


7 JANUARI:
A)  Claret: 1850, menunggu check out dari dari rumah sakit di Barcelona dan kemudian berangkat ke Tarragona utk mengunjungi Uskup dan sahabat-sahabatnya. 1852, perjalanan dari Puerto Principe ke Sibanicu (Kuba), dimana keesokannya memulai misi dan kunjungan pastoral. 1859, meminta 3 suster dari Convento de la Ensenanza di Santiago utk berangkat ke Spanyol.
B)   Kongregasi: Komunitas Vic dan Kuba; setelah Claret diangkat menjadi Uskup Agung Kuba, komunitas Vic dipimpin oleh P. Esteban Sala (sekaligus sebagai Superior General Kongregasi), dan saat Claret ke Kuba dia membawa P. Manuel Villaro utk membentuk komunitas CMF di Kuba.
C)   Tokoh: Joao Freitas Alves, CMF, Administrator Apostolik Sao Tome-Principe (1930-1984).
D)  Point Penting: Hati yang lembut dan belaskasih; hati yang tergerak oleh belaskasihan untuk menobatkan para pendosa (cf. Aut. 10, 12).
E)   Refleksi personal:
1. Apakah hatimu tergerak bagi kebaikan manusiawi dan spiritual sesama? 
2. Bagaimana kelembutan dan belaskasihan mengisi ruang hidup misionermu?
3. Apakah ada ruang untuk orang miskin dalam hidupmu?
F)    Kata-kata inspiratif: "Adalah mengherankan, kehidupan setiap pribadi berdampak bagi kehidupan banyak orang. Ketika dia tidak ada di sana, maka menimbulkan sebuah kekosongan yang luarbiasa"  (Film "Mente Maravillosa"-Pikiran yg Mengagumkan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar