Sabtu, 11 Januari 2020

claret "11 januari"

11 JANUARI 

A) CLARET. 1847: melaksanakan misi pewartaan di Torroja (Tarragona). 1849: melaksanakan misi pewartaan di Tirajana (Gran Canaria/ Canaria Raya). 1863: memimpin upacara penyerahan hadiah kepada para siswi dari Sekolah2 Minggu di Gereja St. Francisco el Grande di Madrid.
 
B) KONGREGASI. Novisiat dan Skolastikat di Vic.
Pada tahun 1861 didirikan secara resmi Novisiat untuk para Imam dan Bruder. Para Pelajar (frater) yang mulai bertambah dan terus mengalir menimbulkan sebuah persoalan yang sulit diatasi. P. Xifre mengambil langkah2 awal mengatasi beberapa persoalan tentang Novisiat dan Skolastikat tersebut, terutama mengenai masuknya para peajar (frater) muda. P. Claret biasanya memandang dengan kasih dan simpati terhadap Novisiat dan Skolastikat di Vic, ia mulai menulis  el Reglamento (peraturan) pada tahun, yang kemudian masuk menjadi bagian dari Konstitusi2 dengan beberapa varian. Pada tahun yang sama ini, P. Xifre menulis sebuah Instruccíon (instruksi), dijadikan dokumen promosi panggilan yang pertama dalam Kongregasi. 
Untuk tujuan ini, sering dalam seluruh tahun2 ini, kita melihat bahwa P. Xifre memiliki ketakutan untuk menerima para pelajar (frater) oleh karena persoalan2 ekonomi. P. Claret mendesaknya agar memiliki kepercayaan yang lebih kepada Penyelenggaraan Tuhan, dan memberi kepadanya bantuan ekonomi dari apa yang diterima Claret seperti gaji dan berbagai pemasukan lainnya. Misalnya, dalam surat pada 18 oktober 1868, dikatakan bahwa semua hal dan kekayaannya adalah untuk Kongregasi, kecuali beberapa sedekah untuk dua orang saudaranya. 

C) TOKOH: Beata María Ana Mogas (pendiri: 1827-1886). 
Lahir pada tanggal 13 januari. Pada akhir tahun 1848, ia bergabung bersama dengan dua suster capusin yang dieksklautrasi dan  mendedikasikan diri mereka untuk membantu anak2 perempuan yang miskin.  Mereka diarahkan oleh Beato Jose Tous. Pada tahun 1851, ia tinggal di depan sebuah yayasan kecil Terciarias Capuchinas del Divino Pastor di Ripoll. Dengan mengikuti nasihat2 dari P. Claret, ia berhasil tidak melelehkan/mencairkan Institusinya dengan komunitas2 lain. Pada tahun 1865 Benito Serra mengundang mereka untuk mendirikan komunitas di Ciempozuelos dan kemudian di Madrid. P. Claret membantu mengarahkan mereka untuk mengajar di daerah2 miskin dan pada tahun 1868 mereka membuka sebuah sekolah untuk anak2 dan remaja di Madrid. Yayasan di Madrid merupakan kesalahpahaman. Hal inilah membawa mereka menjauh dengan mereka yang dari Cataluna,  diperburuk lagi dengan kematian P. Tous pada tahun 1871. Cirilo Alameda membuat mereka mengubah kebiasaan dan nama: Franciscanas Misioneras de la Madre del Divino Pastor (Suster2 Misonaris Fransiskan dari Bunda Gembala Ilahi). Suter Mogas meninggal di Fuencarral (Madrid) pada 3 Juli dan dibeatifikasi pada 6 oktober 1996. 

D) POIN PENTING. 
Meskipun baru berusia hampir 6 tahun,  kedua orangtua saya terkasih telah mendaftarkan saya ke sekolah. Guru bahasa pertama saya adalah Tn. Antonio Pascual, seorang yang sangat aktif dan saleh; tidak pernah ia menghukum dan menegur saya, namun saya berusaha tidak memberinya motif untuk itu: saya selalu tepat waktu, selalu mengikuti semua les, biasanya sudah dipelajari sebelumnya dengan baik (Aut. 22). 
Selain guru bahasa, yang sangat baik, seperti yang telah saya katakan tadi, tentu saja bukanlah sebuah keberuntungan kecil dari surga, saya juga memiliki orangtua yang sangat baik, yang bersama sang guru bekerja untuk membentuk pemahaman saya  dengan pengajaran akan kebenaran, dan merawat hatiku dengan praktik Agama dan semua kebajikan. Ayahku, setiap hari, setelah makan siang, yang biasanya kami makan siang pukul 12.15, membacakan kepada saya sebuah buku rohani, dan pada waktu malam setelah makan kami berkumpul sejenak dan ia selalu bercerita beberapa hal mengenai bangunan dan instruksinya pada saat yang sama, sampai tiba waktunya kami pergi tidur (Auto 25).

E) REFLKSI PERSONAL:
1. Siapa sajakah yang telah lebih memberi pengaruh pada masa kanak2 Anda?
2. Pengajaran2 apa sajakah yang Anda ingat  dari orangtua dan guru2 Anda?
3. Kepercayaan2 dan kebajikan2 apa saja yang telah mereka tanamamkan kepada Anda?
4. Berdoalah bagi orang2 yang telah menemani Anda selama masa kanak2 Anda. 

 F) FRASE INSPIRATIF: 
" Ketahuilah bahwa saya tidak takut akan kematian. Kupersembahkan hidupku bagi Tuhan dan jiwa2. Aku mengampuni kalian atas kejahatan yang akan kalian lakukan untukku dan saya memohon kepada Kerahiman Ilahi  agar menerima darahku demi keselamatan kalian" (Beato Julian Villanueva, CMF).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar