Rabu, 08 Januari 2020

Claret "8 januari 2020"

8 JANUARI: 

A)Claret: 1858, Claret  mengusulkan P. Esteban Sala utk menjadi penggantinya sbg uskup Kuba, sebab menurutnya "dia memiliki kapasitas personal yg layak dan memiliki semngat yang sama seperti saya". 1870: partisipasi dalam Konsili Vatikan I. 

B)Kongregasi: Kematian P. Esteban Sala pada 18 April 1858; padahal tidak lama sebelumnya, 27 Juni 1857 dia telah disejutui utk mjd uskup Kuba. Pada saat kematian Pater E. Sala, terhitung hanya 1 rumah (Vic), 12 imam dan 3 bruder.

C)Rumah Caritas (Puerto Principe, Kuba): dibangun oleh Claret utk menampung anak2 yatim piatu dan miskin (cf. Aut.563-564). 

D)Point Penting: Cinta kepada Allah Bapa: motivasi Claret tanpa lelah berkotbah dan menobatkan para pendosa adalah demi kasihnya yang berkobar terhadap Allah, Bapa yang sangat dicintainya (Aut. 17, 18).  

E)Refleksi Personal: 
1. Bagaimana peran Allah Bapa dalam hidup spiritualmu? 
2. Bagaimana wujud kasihmu kpd Allah Bapa? 
3. Apakah konsekwensi cinta kepada Bapa dalam hidup misionermu? 
4. Bagaimana, kapan dan kepada siapa saja engkau berbicara tentang Allah Bapa? 

F)Kata-kata inspiratif: "Oh, betapa baik Dikau, Bapaku! Biarkan aku selalu melayani-Mu dengan kasih setia! Berikan aku rahmat-Mu setiap saat utk mengetahui apa yg berkenan kepada-Mu, dan kemauan yg kuat untuk melakukannya!" (Aut. 136).

1 komentar: