Kamis, 28 Mei 2020

Claret -"13 Mey"-

13 MEI
A. CLARET
1840. Claret tiba di Viladrau, dimana ia melayani selama hanya delapan bulan. Dari sana ia berangkat untuk misi pertama pewartaannya.
1853. Claret menyambut gembira Konstitusi Kongregasi Para Suster Adorasi yang dikirim kepadanya di Cuba oleh Muder Micaela dari Sakramen Mahakudus. Claret menyatakan bahwa ia akan membantu mereka secara finansial, tetapi terus terang ia sampaikan juga bahwa kewajibannya sekarang adalah untuk membantu orang-orang miskin di Cuba.
1868. Claret menghadiri pernikahan Puteri Isabella yang berlangsung buruk.
B. KONGREGASI (ABAD BARU: 1949-1967): COSTA RICA
Sudah lama Kongregasi berkehendak untuk bermisi di Costa Rica, dimana bisa menjalankan pelayanan dalam bentuk penyaluran obat-obatan atau bantuan untuk para Misionaris di Darien, dan disaat yang sama, bisa menjadi teritori merekrut panggilan untuk masa depan.
Setelah melewati dialog yang tidak mudah dengan Uskup Agung San Jose, pada Oktober 1951, P. Antonio Roman sebagai Superior Komunitas dan P. Jesus Serrano, Vikaris Apostolik Darien masa depan, tiba dari Amerika Serikat untuk mulai membangun komunitas di Barrio Mercedes di kota Heredia, 11 km dari ibukota.
Kemudian, setelah lepas dari Amerika Serikat, organisme Wilayah Kunjungan Panama tidak pernah enggan untuk mengirim Misionaris ke Costa Rica, meski imam-imam baru dan muda, atas perutusan Superior General, P. Schweiger.
P. Mario Echeverria, penulis senior dan terkenal di Madrid, berangkat ke sana untuk mengambil tanggung jawab proyek pendirian kapel baru dan rumah untuk perkampungan. Para misionaris pergi untuk membaktikan diri mereka terutama untuk berkotbah.
Pada tahun 1953, ketika wilayah ini berada di bawah Central Amerika, pusat pelayanan dipindahkan ke ibukota, San Jose, dimana mereka mengambil tanggung jawab sebuah Rumah Retret tua, dimana P. Jesus Serrano pulih dari sakit.
C. TOKOH: JOSE MARIA TORRES, CMF, Misionaris dan Dokter (1910-1982)
Miralcamp (Lleida, Spanyol). Ia berkaul kekal sebagai Bruder Koajutor di Vic tahun 1927. Ia diutus ke Roma untuk belajar ilmu medis. Ia tiba di wilayah misi di Tunki, propinsi Antwei, China, tahun 1935. Ia membuka klinik medis, karena kebutuhan sangat besar di sana. Pada tahun 1946 pemerintah China memberi penghargaan atas jasa dan karya luar biasa mereka untuk para korban dan pengungsi. Mereka mendapat apresiasi yang mendalam dari dua setengah juta pesien yang, menurut catatan, sempat dirawat di klinik mereka. Sepanjang revolusi komunis, Dr. Torres mengalami lebih dari empat belas kali pengadilan publik. Akhirnya pada 1 November 1952, ia diusir dari China.
Ia memberi diri untuk berkarya di Basilan-Filipina. Dengan izin khusus dari Presiden, ia memulai karya medisnya dan membangun klinik dan rumah sakit kecil di mana ia meninggal dunia di sana tahun 1982. Rumah Sakit itu diberi nama Rumah Sakit Dr. Jose Maria Torres. Ia diberi gelar Dokter oleh karena pengakuan publik.
D. POINT PENTING
(Aut 568) Sementara gedung masih dibangun, saya menulis sebuah karangan yang berjudul Kegemaran Berkebun, yang berisi suatu sketsa tentang inti dari lembaga yang baru dibuka itu. Buku kecil ini sangat berguna di Cuba, sehingga pemilik-pemilik perkebunan memberikan buku itu kepada pengawas-pengawas mereka untuk mengikuti petunjuk-petunjuknya. Jenderal-jenderal dari Havana dan Santiago, yang berkewajiban memperhatikan kesejahteraan bangsa, menjadi pendukung-pendukung utama penyebaran karangan itu. Jenderal Vargas, yang waktu itu bertugas di Santiago dan sekarang ada di Puerto Rico, telah mencetak ulang buku itu untuk Puerto Rico dan Santo Domingo.
(Aut 569) Saya juga mendirikan koperasi simpan pinjam resmi dalam keuskupan, demi kesejahteraan orang-orang miskin. Karena saya melihat bahwa jika orang-orang miskin diberi pengarahan yang tepat dan diberi sarana yang pantas untuk mencari nafkah, mereka adalah orang-orang yang tulus dan jujur; tetapi jika sebaliknya, mereka merendahkan derajatnya. Maka hasrat saya adalah untuk membantu mereka baik rohani maupun jasmani. Dengan bantuan Allah hal itu berjalan sangat baik.
E. REFLEKSI PRIBADI
Claret menulis dua karya yang dipersembahkan untuk agrikultur (“Kegemaran Berkebun” dan “Refleksi tentang Pertanian”) dan dengan bantuan keuangannya ia mempromosikan pendirian koperasi simpan pinjam di paroki-parokinya.
a. Apakah anda tahu mendaur ulang sampah-sampah di komunitas anda?
b. Apakah anda memiliki ruang hijau di rumah anda atau dekat lokasi anda? Bagaimana itu digunakan?
c. Apakah anda perhatian dengan penggunaan air, pakaian dan makanan?
d. Apakah anda selalu menggunakan transportasi umum untuk bepergian?
F. KATA INSPIRATIF
“Selalu saja ada cara untuk menghindar dari Salib, supaya manusia bisa mengabadikan kesalahpahamannya tentang kekerasan yang dilakukannya, dan melindungi harga dirinya dari wahyu. Tanpa salib, tidak akan ada bukti bahwa memang ada ketidakadilan mendasar dari mekanisme kambing hitam dengan segala akibatnya, yang sudah menjadi budaya manusia.” (Rene Girard) #epmcmf
PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN RUMAH | PERTANIAN ORGANIK "BABINSA ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar