Selasa, 05 Mei 2020

Claret "19 April"

19 APRIL
A. CLARET
1843. Di Igualada, dimana Claret baru menutup masa Prapaskah, ia berkotbah pada perayaan Sermó del Sant Crist, yang biasanya dibawakan oleh seorang pengkhotbah terkenal, dalam rangka memperingati pertempuran Bruc (melawan invasi Prancis).
1849. Dalam perjalanannya kembali dari Kepulauan Canary ke Peninsula, Claret turun di Lanzarote, dimana ia berkhotbah selama beberapa hari. Untuk menyenangkan temannya, ia pergi ke Teguise dengan unta, yang mengakibatkan orang tidak mengenalnya.

B. KONGREGASI: KARYA DI AMERIKA SERIKAT, EKSPANSI BARU (1922-1934)
Pada tahun 1928 dua rumah di Inggris, Hayes dan Loughton, digabungkan ke dalam Provinsi Amerika Serikat. Sejumlah besar Claretian dikirim ke sana. Komunitas Inggris bergabung dengan Amerika Serikat berlangsung hingga 1936, dimana Inggris mulai dibentuk menjadi Visitator Independent.
Sejak tahun-tahun ini, ditingkatkan kegiatan pastoral di Amerika Serikat, khususnya di daerah Chicago. Pada tahun 1928 mereka mengambil alih paroki Our Lady of Guadalupe, di mana pada tahun 1929 diinagurasi Novena Abadi terhadap St. Yudas atas inisiatif dari Pater Jaime Tort, yang pada tahun yang sama menciptakan Liga St. Jude dan pada tahun 1932 Liga Polisi Santo Yudas. Fondasi lain dari era ini adalah: El Paso (Texas, 1932), La Palma (Panama) dan seminari-seminari minor di Walnut, California dan St. Jude in Momence (Illinois, 1932). Pada tahun 1935 didirikan juga percetakan Claretian Publications di Chicago. Berhubung adanya krisis ekonomi tahun 30-an, Perang Saudara Spanyol 1936 dan setelahnya Perang Dunia II, Provinsi terpaksa menghentikan aktivitas misi di Amerika Serikat.

C. TOKOH: BERNARDO SALA, Saudara dari P. Esteban Sala (1810-1885)
San Martin de Sescorts (Barcelona, Spanyol). Pada 1827 ia menerima jubah Benediktin. Setelah masa esklaustrasi-pengusiran kaum religius, ia berlindung di biara San Martin de Scalis (Palermo, Sisilia), di sana ia menjadi petugas perpustakaan dan dosen. Karena revolusi tahun 1848 ia harus meninggalkan biara dan kembali ke Spanyol. Melalui saudaranya, Esteban, ia mengenal tentang Kongregasi yang baru didirikan dan ia masuk Kongregasi Claretian pada tahun yang sama. Dia berpartisipasi dalam Kapitel Jenderal kedua. Dia menggantikan saudaranya menjadi Pembimbing rohani Suster-suster Carmelit Cintakasih pada tahun 1854. Konferensi-konferensinya sangat membantu para Claretian awal. Pada tahun 1875, setelah komunitas Benediktin di Montserrat berfungsi kembali, ia kembali ke biara itu, di mana ia menjadi magister novis dan dosen. Dia pertama-tama adalah seorang intelektual, spesialis dalam liturgi dan seorang dosen yang luar biasa. Dia meredaksi dan menerbitkan empat belas karya original dan sepanjang hidupnya sebagai editor yang sangat sukses. Dia meninggal pada 18 April.

D. POIN PENTING: MISIONARIS DI KEPULAUAN CANARIAS
Kami meninggalkan Madrid dan menuju Sevilla, Jerez, dan Cadiz, di mana saya berkhotbah. Dari sana kami berlayar ke Kepulauan Canarias. Pada awal Februari kami tiba di Tenerife, di mana saya berkhotbah pada hari Minggu, dan berlayar dari sana pada hari Senin menuju pulau Gran Canarias. Saya membimbing retret para imam, di suatu ruangan tempat kediaman Uskup, dan Bapa Uskup mengepalai semua kegiatan. Saya juga memberikan retret kepada semua mahasiswa seminari dan mengadakan misi umat di semua paroki di pulau Gran Canarias (Aut 480).
Seringkali saya harus berkhotbah di lapangan umum karena khalayak ramai yang datang untuk misi umat di setiap pemukiman tidak bisa di tampung di dalam gereja-gereja…(Aut 481)
Hal yang paling menyulitkan saya ialah mendengar semua orang dalam pengakuan seumur hidup, karena semua mau membuatnya. Untuk ini saya minta imam-imam lain untuk membantu saya dan menjelaskan kepada mereka cara untuk melakukan tugas ini secara cepat namun tuntas... (Aut 482)
Bila saya menyelesaikan misi umat, semua orang dari pemukiman keluar untuk menemani saya, dan orang-orang dari pemukiman ke mana saya pergi datang untuk menerima saya. Kelompok pertama mengucapkan selamat jalan sambil menangis dan kelompok kedua menyambut saya dengan gembira.... (Aut 483)

E. REFLEKSI PRIBADI
Selama lima belas bulan, Claret memiliki kesempatan untuk berevangelisasi di kepulauan Canarias. Dia mampu melakukannya tanpa ada hambatan politik dan dengan penyambutan penduduk yang sangat gembiara.
1. Ingatlah salah satu pengalaman misi Anda yang paling memuaskan dan disyukuri: Apa yang terjadi? Bagaimana perasaanmu? Apa artinya itu bagi panggilan Anda?

F. KATA-KATA INSPIRASI: “Kita dilahirkan untuk memanifestasikan kemuliaanAllah yang ada di dalam diri kita. Bukan hanya ada pada sebagian orang; tetapi ada pada semua orang. Dengan demikian, biarlah cahaya kita bersinar, dan secara tidak langsung kita memberi jalan kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama. ”(Marianne Williamson) #pydsj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar