Kamis, 28 Mei 2020

Claret -"20 Mey"-

Sederet Tanda Kamu Masuk dalam Lingkup Pertemanan Toxic - Tribun ...
20 MEI

A. CLARET
1850. Oleh karena tahbisannya sebagai uskup sudah pasti, Claret meminta izin Paus untuk mendelegasikan kuasa pelayanan yang non-episkopal.
1857. Setelah ia kembali dari Cuba, Claret berhenti di Seville, dimana ia berkotbah untuk umat di Katedral.
1866. Claret menasehati P. Joseph Xifre bahwa ada seorang misionaris pergi bermisi di Oran (Algeria), dan secara tidak sengaja, mengusulkan supaya sebuah rumah didirikan di sana, yang suatu saat bisa berguna untuk pengungsian ketika terjadi revolusi.
B. KONGREGASI (ABAD BARU 1949-1967): KANADA
Pada tanggal 14 Januari 1953, para Claretian pertama tiba di Kanada dari Paris dan USA. Mereka adalah P. Jean-Marie Lemrise dan P. Enrique Pujolras. Pendiriannya misi di sana berada di bawah Provinsi Amerika Serikat. Awal rumah adalah di pastoran Victoriaville di Keuskupan Nicolet. Sesegera mungkin mereka mencari lokasi yang definitif untuk pembangunan, sambil membantu pelayanan di area sekitar itu. Akhirnya mereka berhasil membeli sebuah properti di daerah dekat Victoriaville yang, dalam waktu singkat, menjadi tempat menerima banyak calon misionaris meski mereka baru saja tinggal di sana. Segera terlihat bahwa harapan setinggi itu tidak sia-sia. Para diosesan juga membantu panggilan-panggilan seolah-olah untuk mereka sendiri. Pemerintah lokal juga memberi status tinggal resmi kepada Kongregasi dengan semua hak yang melekat didalamnya sebagai Para Pater Claretian dari Quebec. Berhadapan dengan banyak permintaan dari anak-anak, mereka harus segera memulai konstruksi sekolah, juga tambahan ruangan untuk kapasitas seratus postulan dimana, ketika diresmikan, 50 siswa sudah diterima untuk mulai tahun pendidikannya.
C. TOKOH: JERONIMO BATLLO, CMF, Prokura General (1836-1913)
Barcelona (Spanyol). Ketika masih kanak-kanak, ia bertemu Pater Claret saat berkotbah di sebuah misi di San Feliu de Guixols. Waktu itu, ia adalah seorang putera altar. Ia berasal dari sebuah keluarga yang sangat miskin. Uskup Girona mengizinkan dia untuk masuk seminari. Ketika ada jadual kunjungan bersama Uskup, sekali lagi ia bertemu dengan Pater Claret yang menemani Ratu Isabella II yang mengunjungi Catalunya. Pada kesempatan itu Pater Claret memberi kepadanya volum pertama buku El Colegial Instruido. Ia ditahbiskan pada tahun 1863 di Girona. Pada tahun 1883 ia masuk Novisiat Claretian di Gracia dan setahun berikutnya ia berkaul. Dua minggu kemudian ia diutus ke Roma bersama P. Antonio Naval sebagai Superior komunitas, Prokura General, dan Direktur untuk Seminari Spanyol, yang ditugaskan oleh Uskup Vicente Calvo Valero. Ia memegang tugas sebagai Prokur selama 28 tahun sampai tahun 1912. Ia wafat di Roma tanggal 20 Mei. Ia adalah anggota pertama Kongregasi yang wafat di Italia. Ia terkenal polos, terus terang, baik dan tulus hati.
D. POINT PENTING: KEKECEWAAN BERADA DI ISTANA
(Aut 614) Pada awal bulan Juni 1857, kami tiba di Madrid, dan saya menghadap Paduka Ratu. Pada tanggal 5 bulan itu dekrit kerajaan tentang pengangkatan saya sebagai bapa pengakuan Ratu disahkan dan diterbitkan. Beberapa hari kemudian Sang Ratu mengatakan kepada saya supaya saya memberikan pelajaran agama yang kudus kepada Putri Isabel…
(Aut 621) Saya kadang-kadang berkomentar bahwa Allah mengutus saya untuk
tugas ini sebagai tempat penyucian bagi saya untuk melunasi dosa-dosa saya
di masa lampau… Saya selalu merindukan keluar. Saya seperti burung dalam sangkar yang selalu mencari lewat palang sangkarnya suatu jalan untuk melarikan diri, demikian saya memimpikan cara-cara untuk bisa keluar.
(Aut 622) Kadang-kadang saya bertanya pada diri saya: “Alasan manakah sehingga engkau begitu risau? Semua orang di istana menghormati engkau; seluruh keluarga Ratu menghargai dan mengistimewakan engkau. Sang Paduka Ratu mencintai dan memanjakan engkau. Lalu alasan manakah engkau punyai untuk begitu canggung?” Saya sendiri tidak mampu mengemukakan satu alasan pun. Satu-satunya jawaban saya terhadap rasa jijik yang membingungkan ini ialah hal itu adalah suatu anugerah yang diberikan Allah kepada saya untuk menghindarkan saya dari melekat pada kebesaran, kehormatan dan kekayaan dunia…
E. REFLEKSI PRIBADI
a. Pernahkah anda menerima perutusan yang anda tidak suka, tetapi justru membuat anda bertumbuh sebagai seorang misionaris?
b. Apakah anda menerima perutusan yang diberikan kepada anda saat ini?
c. Apakah anda berelasi baik dengan semua anggota komunitasmu, atau apakah ada saudara yang dikecualikan? Mengapa?
F. KATA INSPIRATIF
“Apa yang dikehendaki Yesus untuk kita ikuti adalah kehendak-Nya, roh yang mendorongnya mencapai tujuan yang pasti dalam perutusan-Nya yakni menyerupai Allah Bapa sebisa mungkin.” (Rene Girard) #epmcmf🔥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar