Kamis, 28 Mei 2020

Claret -"21 Mey"-

Motivasi Hidup - Kompasiana.com
21 MEI
A. CLARET
1850. Claret pergi ke Barcelona untuk memberi Latihan Rohani untuk para klerus, sampai tanggal 29.
1858. Claret pergi mengunjungi departemen-departemen negara untuk bisa cepat mendapat izin resmi bagi Konstitusi Misionaris. Ia memberi beberapa instruksi kepada P. Joseph Xifre bagaimana mempercepat negosiasi-negosiasi.
1858. Atas permohonan St. Francis Coll, Claret bekerja mengatasnamai Suster-Suster Dominikan dari Kabar Baik Santa Perawan, supaya kementrian bisa memberi otoritas kepada mereka untuk mengajar tanpa perlu memenuhi semua tuntutan persyaratannya.

B. KONGREGASI (ABAD BARU: 1949-1967): PEMBAGIAN WILAYAH MISI DI AMERIKA SERIKAT
Pada tanggal 22 Agustus 1953, bertepatan dengan peresmian Villa Claret di Victoriaville (Kanada), Provinsi Amerika Serikat dibagi dalam dua organisme: Timur dan Barat, yang menandakan sebuah era baru. Kanada menjadi bagian dari Provinsi Amerika Serikat Timur sampai tahun 1965, ketika menjadi Bakal-Provinsi sendiri. Provinsi Amerika Serikat Timur memiliki enam komunitas lainnya di kota Chicago, Momence, Terre Haute, Parth Amboy dan Washington. Pada tahun 1963 mereka mulai menerbitkan majalah U.S. Catholic di luar Chicago, menggantikan majalah lama Voice of St. Jude. Majalah baru ini menerima banyak sekali penghargaan. Sedangkan Provinsi Amerika Serikat Barat tersebar dalam 18 komunitas berlokasi di kota Los Angeles, Compton, San Gabriel, Calwa, Yuma, Prescott, Phoenix, El Paso, San Antonio, San Marcos, dan Fort Worth.

C. TOKOH: TOMAS IGLESIAS BARCONES, Uskup Madrid (1803-1874)
Villafranca del Bierzo (Leon, Spanyol). Ia ditahbiskan menjadi uskup di Mondonedo pada tahun 1850 dan ditunjuk sebagai Patriark untuk Hindia Barat, Kapelan Utama Istana dan Vikar General Militer tahun 1852. Ia wafat pada tanggal 8 Mei 1874. Ia adalah satu dari tiga uskup yang tinggal di Madrid selama masa hidup Pater Claret, selain Nuncio. Mereka bertemu beberapa kali saat tahbisan uskup yang berlangsung di Madrid. Korespondensi di antara mereka berlangsung terus, terutama saat posisi rektor dan administrator gereja Montserrat di Madrid beralih dari P. Vicente Valls ke P. Paladio Currius. Mereka juga sering bertemu saat Pertemuan Umum anggota Konferensi St. Vinsensius A Paulo, karena mereka termasuk di dalamnya. Ia mengunjungi Biara El Escorial, saat P. Claret tidak ada, dan ia sangat terpukau. Gambarnya bisa ditemukan dalam sebuah lukisan terkenal oleh Benjumea, buah kenang-kenangan dan penghormatan atas kunjungan Ratu.

D. POINT PENTING: MEMENUHI KEHENDAK TUHAN
(Aut 623) Saya melihat bahwa Tuhan telah melakukan dalam diri saya apa yang saya lihat terjadi dalam planet-planet: dalam mereka saya lihat dua kekuatan, salah satunya daya sentrifugal, yang lain daya sentripetal. Daya sentrifugal mendorong mereka keluar jauh; daya sentripetal menarik mereka menuju pusat. Keseimbangan antara kedua daya ini menahan planet-planet dalam orbit mereka. Demikianlah saya melihat diri saya. Saya merasa dalam diri saya satu kekuatan, yang saya sebut daya sentrifugal, yang mendorong saya untuk keluar dari Madrid dan dari istana; tetapi saya merasakan suatu kekuatan yang berlawanan yaitu kehendak Allah yang mau saya tinggal di istana untuk sementara waktu; akan tiba waktu untuk saya berangkat. Maka kehendak Allah ini adalah untuk saya daya sentripetal yang menahan saya seperti seekor anjing di sebuah tiang. Campuran kedua kekuatan ini, yaitu keinginan untuk berangkat dan cintaku kepada kehendak Allah, yang sekarang adalah supaya tinggal di istana, membuat saya melaksanakan lingkaran yang sedang saya lakukan.
(Aut 624) Setiap hari dalam doa, saya harus berulang-ulang memasrahkan diri kepada kehendak Allah. Siang malam saya selalu harus mempersembahkan korban saya ini, yaitu tinggal di Madrid, tetapi saya bersyukur kepada Allah karena rasa jijik ini. Saya tahu bahwa hal itu adalah suatu karunia untuk saya. Celakalah aku kalau istana dan dunia menyenangkan saya! Satu-satunya yang menyenangkan aku ialah bahwa tak sesuatu pun yang menyenangkan saya…

E. REFLEKSI PRIBADI
a. Apakah anda sadar akan motivasi murni yang sedang mendorong anda?
b. Apa kriteria yang anda pakai untuk menegaskan kehendak Allah?
Bagi Claret, kehendak Allah bukan sebuah sangkar yang membatasi kebebasannya, tetapi makanan baginya, sebagaimana Yesus. Jelaskan kalimat ini!
c. Ulangilah kata ini sepanjang hari ini: Fiat!

F. KATA INSPIRATIF
“Ketika anda menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersekutu untuk membantu anda!” (Paulo Coelho)#epmcmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar