Selasa, 05 Mei 2020

Claret "23 April"

23 APRIL
A. CLARET
1846. Claret tiba di Vinaixa (Tarragona), dimana dia berkotbah dalam sebuah triduum.
1850. Claret memulai retret di Vic untuk Para Misionaris Merced dan mereka yang mempersiapkan diri berangkat bersamanya ke Kuba; P. Josep Caixal juga ikut berpartisipasi.
1866. Claret bertemu lagi dengan Menteri Pembangunan; ada tanda-tanda yang baik berkaitan pembangunan di El Escorial.

B. KONGREGASI: ORGANISASI-ORGANISASI MAYOR BARU DAN STATISTIK 1935, PERLUASAN BARU (1922-1934)
Adalah mustahil mencatat mengenai jumlah banyaknya pendirian-pendirian yang dilaksanakan dalam Kongregasi selama masa ini. Namun alangkah baiknya menggarisbawahi beberapa Organisme Mayor yang baru: Pada tahun 1925, wakil provinsi Peru didirikan, pada tahun 1930 Provinsi Italia dibentuk dan pada tahun 1932 Visitadura (Rumah Kunjungan) Jerman. Pada tahun1935, Kongregasi sudah memiliki 10 Provinsi, 2 wakil Provinsi, dan 1 Visitadura.
Pada tahun tahun 1935 yang sama, anggota berkaul dalam Kongregasi berjumlah 2.435, ditambah 134 novis dan 82 Postulan, dengan 204 rumah. Sejak1921 Kongregasi telah tumbuh secara signifikan: memiliki tambahan 56 anggota berkaul, tambahan 307 novis, dan tambahan 56 postulan. Jumlah rumah juga bertambah sebanyak 53 rumah. Kita dapat katakan bahwa masa depan tampaknya lebih menjanjikan, meskipun pada saat itu tidak seroang pun meramalkan apa yang akan terjadi tepat tahun berikutnya, yakni dengan keadaan perang sipil Spanyol dan penganiayaan terhadap Gereja dan Kongregasi, yang mengakibatkan kehilangan sejumlah besar orang muda yang menjanjikan dan yang menyebabkan kesulitan dalam melanjutkan sejumlah besar proyek dan pekerjaan yang barusan juga dimulai.

C. TOKOH: ISABELLA DE BORBÓN, Putri dari Isabella II (1851-1931)
Madrid, (Spanyol). Dia adalah Ratu Asturias untuk kedua kalinya. Claret adalah pembimbing dan guru spiritualnya Putri Isabel. Dia menerima komuni pertama dari tangan Claret pada tahun 1862 dan meresmikan pernikahannya dengan Cayetano María Federico de Borbón, pangeran Girgenti, keturunan Napoli, di balai istana kerajaan Madrid pada tahun 1868. Sang Santo pun meninggalkan beberapa tulisan tentang Sang putri: Saya bersyukur kepada Tuhan ketika saya melihat bahwa dia telah menjadi wanita yang terpelajar, sangat saleh dan berbudi luhur, sehingga membanggakan orang tuanya dan seluruh bangsa Spanyol dan dikagumi oleh orang-orang asing. Dan Sang Putri juga, beberapa tahun kemudian, berkata tentang kebaikan P. Claret: Dia adalah bapa pengakuanku, yang sangat kucintai. Dia meninggal, tanpa memwariskan keturunan, di Prancis pada 23 April 1931. Orang-orang Madrid sangat mencintainya dengan memberi julukan La Chata. Hingga tahun 1991 dia dimakamkan dalam gereja kita di Rue de la Pompe, Prancis.

D. POIN PENTING: SEORANG PUTRA HATI TAK BERNODA MARIA
O Bunda yang terberkati, beribu-ribu pijian diberikan kepadamu karena kebaikan hatimu yang tak bernoda dan karena engkau telah mengangkat kami menjadi putra-putramu! Bundaku, buatlah kami menjawab kebaikan yang begitu besar supaya makin hari makin rendah hati, hangat dan bersemangat demi keselamatan jiwa-jiwa (Aut. 493).
Saya harus katakan pada diri sendiri: Seorang Putra Hati Tak Bernoda Maria adalah seorang pribadi yang terbakar dengan cinta dan menyebarkan apinya kemana pun ia pergi. Dia bertekad kuat dan selalu berusaha dengan segala cara yang mungkin untuk membakar seluruh dunia dengan kasih Ilahi. Tidak ada yang mengecilkan hatinya; Ia bergembira dalam kesakitan, memasuki pekerjaan, memeluk pengorbanan, dan rela di dalam fitnahan-fitnahan. Dia pun bersukacita dalam segala penderitaan. Satu-satunya yang dipikirkan adalah bagaimana ia dapat mengikuti dan meneladani Yesus Kristus dalam bekerja, menderita, dan berjuang selalu dengan pikirannya yang satu-satunya adalah demi kemuliaan Allah yang lebih besar dan keselamatan jiwa-jiwa. (Aut. 494).

E. REFLEKSI PRIBADI
1. Apakah peran Pola "Definisi Misionaris" dalam hidup anda?
2. Definisi Misionaris merupakan potret diri Claret; Dapatkah anda berusaha untuk menjadikannya sebagai milik anda?
3. Manfaatkanlah hari ini untuk mendaraskan Definisi Misionaris secara perlahan-lahan dan dengan suara yang keras, sembari berhenti sejenak setelah mengucapkan setiap kalimat. Ahkirnya, bersyukurlah kepada Hati Tak Bernoda Maria akan panggilanmu sebagai Misionaris Claretian.

F. KATA-KATA INSPIRATIF: “Saya lebih suka Gereja yang memar, terluka, dan kotor karena telah keluar di jalan-jalan, dari pada Gereja yang tidak sehat karena dikurung dan berlindung pada kenyamanan dirinya sendiri." (Paus Fransiskus, Evangelii Gaudium, 49) #pydsj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar