Kamis, 28 Mei 2020

Claret -"26 Mey"-

Kata Kata Motivasi Kerja Tim - Kata Bijak Hari Ini
26 Mei 2020

A. CLARET
1857. Claret tiba di Madrid. Dua jam sesudahnya ia dipanggil ke istana untuk mendapat posisi sebagai bapa pengakuan Ratu.
1862. Dari Madrid Claret mengirim autobiografi lengkapnya ke P. Paladio Currius dengan pesan supaya dikembalikan lagi pada 28 Juni, ketika ia meninggalkan Catalonia pada tanggal 30 dan akan memberikannya kepada para misionaris.
1869. Di Roma, Claret menyelesaikan karya tentang Hidup Santo Petrus Nolasco setelah menyelesaikan Triduum Kebaktian pada Maria Bunda Tersuci beberapa hari sebelumnya.

B. KONGREGASI (ABAD BARU: 1949-1967): SUSTER-SUSTER MISIONARIS SANTO ANTONIUS MARIA CLARET
Pada bulan Maret 1958, Muder Leonia Milito, dibawah bimbingan Mons. Geraldo Fernandes, Uskup Agung Claretian di Londrina (Brazil), mendirikan Kongregasi Para Suster Misionaris dari Santo Antonius Maria Claret di Londrina untuk berkarya bagi orang miskin, digerakkan oleh semangat misionaris yang bernyala-nyala. Diinspirasi oleh ideal St. Antonius Maria Claret, Kongregasi ini mendasarkan spiritualitasnya pada devosi Ekaristi, yang menjadi rahasia hidup yang berkelanjutan. Hidup dan karya setiap anggota ditransformasi, di bawah kaki tabernakel, ke dalam kebaktian pada diri Yesus. Uskup Agung Geraldo Fernandes lah yang bertanggungjawab menjadi Bapa dan pembimbing Spiritual para suster ini. Mereka kini hadir di 18 negara di lima benua ini. Pada tahun 2000, Konstitusi mereka diterima secara resmi.

C. TOKOH: SANTO PHILIPUS NERI
Florence (Italia). Ia disebut sebagai Rasul kota Roma, dan pendiri Kongregasi Oratori. Ia dikanonisasi dua puluh tujuh tahun setelah kematiannya, bersama dengan Teresa dari Kanak-Kanak Yesus, Ignasius Loyola, Fransiskus Xaverius, dan Isidorus Pekerja. Tanggal perayaan untuknya adalah 26 Mei. Kontak pertama Claret dengannya adalah melalui para Oratori di Barcelona dan Vic. Sejak kedatangannya di Vic, Claret mencari bimbingan dari P. Bach, seorang Oratorian. Ia adalah salah seorang dari empat konsultor Claret untuk menerima pilihan menjadi Uskup Agung. Sebagai seorang seminaris muda, Claret membaca riwayat hidup Orang Kudus ini yang ditulis oleh P. Conciencia (Aut 317). Kemudian, sebagai Uskup Agung Cuba, Claret mempunyai sebuah buku tentang hidup Santo Philipus Neri, oleh Uskup Jaime Soler, yang dibacanya waktu makan. Suatu ketika di Madrid, Claret mengunjungi Escuela de Cristo, sebuah asosiasi yang diinspirasi oleh Santo Philipus Neri. Autobiografi Claret dan beberapa karya lain selalu ada kutipan dari orang kudus ini, dan ia selalu ada dalam daftar para kudus yang paling menggerakkan hidup Claret.

D. POINT PENTING: PERINTAH-PERINTAH RATU DISAMBUT SEBAGAI MISI
(Aut 635) Ratu dan Raja dikelilingi orang-orang yang selalu mencari kepentingan diri sendiri. Mereka selalu memburu dan mencoba mendapatkan gelar-gelar, kehormatan-kehormatan, gaji yang lebih besar, dan jumlah besar uang; tetapi saya, seperti yang sudah saya katakan, tidak mendapat untung apa-apa; sebaliknya, saya rugi. Paduka Ratu tentu saja mau saya menerima jabatan Pelindung Monserrat, gereja, rumah sakit dan lain sebagainya, tetapi saya menolak. Baik Ratu maupun pemimpin usaha meminta saya berulang-ulang untuk menerima jabatan itu, dan ketika saya mengetahui bahwa gedung-gedung itu telah diiklankan untuk dijual dalam “buletin kenegaraan”, akhirnya saya menerima hanya untuk menyelamatkan gedung-gedung itu. Dan apa keuntungan bagi saya dari semua ini? Saya harus membayar 5.000 duros dari kantong saya untuk perbaikan gereja dan rumah sakit.
(Aut 636) Saya bisa mengatakan yang sama tentang “Real Monasterio del Escorial”, yang tidak pernah dan tidak juga sekarang menguntungkan saya; sebaliknya, hanya mendatangkan kesusahan dan penderitaan, sambil menimbulkan penganiayaan, fitnah dan utang. Tiga kali saya berusaha turun dari jabatan ketua, tetapi saya selalu gagal…

E. REFLEKSI
a. Jika anda dipercaya jabatan atau posisi administratif, bagaimana Anda menjalaninya dari sudut pandang misionaris?
b. Apakah anda berhasrat dan berusaha untuk memperoleh sebuah jabatan atau posisi administratif?
c. Apakah anda berkehendak untuk mengambil tanggung jawab akan kesulitan-kesulitan dalam menjalankan tugas pada posisi itu?
d. Ingatlah seorang Claretian yang telah menjalankan tugas itu dengan tanggung jawab dan disposisi evangelisasi yang luar biasa bersemangat dan penuh pelayanan. Apa yang dapat anda pelajari darinya?

F. INSPIRASI
“Kita dipanggil untuk membentuk hati nurani, bukan untuk menggantikannya.” (Francis, Amoris Laetitia, 37) #epmcmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar