Rabu, 27 Mei 2020

Claret "9 Mey"

9 MEI
A. CLARET
1843. Claret tiba di Santa Eugenia de Berga (Barcelona), di mana ia tinggal sampai akhir bulan.
1859. Claret pindah ke Aranjuez sampai pertengah Juni; Raja dan Ratu telah tiba pada tanggal 3. Suasana hari-hari itu sangat nyaman untuk membuat tulisan.
1868. Ratu menunjuk Claret menjadi saksi untuk kesepakatan nikah antara Puteri Isabella dan Pangeran Cayetano Girgenti; yang akan menikah pada tanggal 13.
B. KONGREGASI (PERIODE 1937-1949): 100 TAHUN PERTAMA KONGREGASI
Pada tanggal 16 Juli 1949, Kongregasi merayakan ulang tahun ke -100. Ada sebuah optimisme besar waktu itu. Perayaan berlimpah dengan publikasi karya-karya khusus yang disatukan bersama, yakni Surat Edaran Pater General beberapa artikel tentang Maria, Claretian, Identitas Misionaris dari Kongregasi, serta beberapa deklarasi. Paus Pius XII juga menulis Surat Apostolik Auspicato Sane kepada Pater General dan kepada seluruh anggota Kongregasi. Mungkin satu kejadian yang perlu dicatat dan menjadi tanda universalitas Kongregasi adalah Pater General tidak merayakannya di Kuria General tetapi di Inggris. Moment yang paling penting, meskipun sederhana, berlangsung di Rumah Induk kita di Vic. Pada tanggal 16 Juli semua berkumpul di kamar seminari di mana pendirian itu terjadi, seolah-olah tampak seperti seratus tahun yang lalu, dengan kehadiran lukisan Perawan Kasih Ilahi, milik P. Stefanus Sala.
C. TOKOH: JAN PHILIPP ROOTHAAN, SJ, Superior General Serikat Yesus (1785-1853)
Amsterdam (Belanda). Ia masuk sebagai Jesuit pada tahun 1804. Setelah bermisi dan mengajar di Rusia, Austria dan Italia, ia dipilih sebagai Provinsial Italia pada tahun 1829 dan pada tahun yang sama sebagai Superior General Serikat Yesus. P. Roothaan menunjukkan rasa hormat yang besar kepada Claret, yang nampak dalam surat yang diberikan kepadanya dan juga pada Uskup Luciano Casadevall, dimana ia menyatakan bahwa ada tiga serangkai penyelenggaraan ilahi dari Vic, termasuk di antaranya adalah Claret dan Balmes. Dalam perjalanannya ke Roma tahun 1839, setelah berkoneksi dengan para Jesuit, Claret dipanggil oleh P. Roothaan. P. Roothaan berbicara kepadanya dan memperkenalkannya kepada Provinsial, yang menerimanya ke novisiat. Sebelum meninggalkan Serikat, Claret kembali bertemu P. Roothaan. Ia berkomentar di autobiografinya: “Ia sangat menyimak apa yang saya sampaikan; dan setelah mendengar semua, ia membalas dengan tanpa ragu: “Allah-lah yang menghendaki engkau kembali cepat ke Spanyol. Jangan takut. Beranilah!”
D. POINT PENTING: FORMASI PERMANEN PARA KLERUS
(Aut 553) Saya menegaskan supaya para canon, pastor paroki dan imam lain mengikuti retret setiap tahun sepanjang sepuluh hari. Saya menegaskan supaya mereka selalu memakai jubah dan orang yang melanggar didenda 10 duros. Hanya satu orang yang melanggar aturan ini. Saya menyuruh dia menghadap dengan berpakaian preman dan membuat dia membayar denda. Ia kedapatan di dalam sebuah rumah yang sangat mencurigakan dari seorang wanita, karena itu saya mencabut semua pelayanannya dan menempatkannya di pengasingan. Setelah memberi peringatan kepada seorang canon dan prebendary yang terbukti melakukan dosa berat, saya memutuskan untuk mengurangi sebagian pendapatannya sesuai hukum Konsili Trente…
(Aut 554) Saya menetapkan adanya konferensi-konferensi untuk para klerus di semua kota, tiga kali seminggu; satu tentang rubrik dan dua tentang teologi moral. Saya selalu memimpin kegiatan itu terutama di ibukota. Konferensi pertama di setiap bulan dipakai untuk retret sehari, dimana selalu ada bacaan, doa dan ceramah.
E. REFLEKSI PRIBADI
a. Apakah anda tertarik untuk menumbuhkan terus formasi kekalmu?
b. Apa sarana yang anda gunakan untuk itu?
c. Bagaimana anda bisa berkembang dalam hal formasi lanjutan ini?
d. Ingatlah selalu akan sarana-sarana untuk formasi lanjutan yang telah diberikan oleh Kongregasi dan juga oleh Organisme anda. Apakah anda sedang menggunakannya dengan baik atau tidak?
F. KATA INSPIRATIF
“Misionaris… harus sangat berhati-hati dan menjaga semua tuturkata, perbuatan, dan sikapnya.” (Aut 384) #epmcmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar