Kamis, 28 Mei 2020

Claret -'22 Mey'-

Kenapa, Sih, Kita Harus Berada di Lingkungan Pertemanan yang ...
22 MEI

A. CLARET
1850. Di Barcelona, Claret melayat ke seorang pegusaha tekstil Nicolaus Tous i Carrera yang meninggal. Putranya, Nicolau Tous i Soller, adalah orang pertama yang menerapkan mesin uap ke dunia tekstil di Spanyol.
1859. Claret naik kapal uap Alicante di pelabuhan Alicante pada jalur reguler ke Barcelona, di mana ia akan tiba pada hari berikutnya.
1867. Setelah mengunjungi kuil Nuestra Señora de Guadalupe (Caceres), Claret tiba di Castañar de Ibor (Caceres), dimana ia berkotbah dan beristirahat.

B. KONGREGASI (ABAD BARU: 1949-1967): DESAKAN UNIVERSAL BAGI KONGREGASI
Kepentingan akan panggilan dan pertumbuhan dalam jumlah anggota Kongregasi di dunia menjadi keprihatinan utama dari Superior General, P. Peter Schweiger, yang pada tahun 1955 menulis Circular Letter dari hasil observasinya bahwa pertumbuhan anggota tidak cukup di dalam Kongregasi dibadingkan kebutuhan untuk misi universal. Ia menekanka dalam suratnya akan seleksi penerimaan panggilan, pembinaan dan pendidikan nilai-nilainya. Ia menceritakan situasi panggilan dengan mendasarkan pada Katalog Kongregasi yang baru diterbirkan dan mengusulkan sarana-sarana untuk promosi panggilan yakni melalui hidup spiritual dan kemurahan hati apostolik. Dua hal ini akan mendatangkan berkat Tuhan dalam bentuk panggilan-panggilan baru dan mejadi daya tariknya. Ia menekankan pada hal seleksi, penerimaan dan promosi serta penghargaan akan panggilan. Dan akhirnya, ia menekankan pula untuk kesetiaan dan usaha merawat panggilan-panggilan melalui doa untuk ketekunan serta memperkuat atmosfir positif pada spiritualitas dan juga keluarga yang mendukung panggilan seseorang.

C. TOKOH: SANTA JOAQUINA VEDRUNA, Pendiri (1783-1854)
Barcelona (Spanyol). Ayahnya, Lorenzo Vedruna, adalah seorang kaya di antara bangsawan Catalan, dan seorang pejabat tinggi pemerintah. Keluarganya sangat Katolik. Ia menikah dengan Theodore de Mas, dari sebuah keluarga bangsawan juga dari Vic, saat ia berusia 16 tahun. Ia memiliki 9 anak dan banyak cucu. Saat berusia 47 tahun, ia mendirikan Komunitas Suster-Suster Carmelit dari Kasih. Ketika ia wafat pada usia 71, ia sudah mendirikan biara-biara, sekolah-sekolah, dan rumah sakit di beberapa wilayah Spanyol. Ia meninggal pada tanggal 28 Agustus, 1854. Ia dikanonisasi oleh Paus Yohanes XXIII pada tahun 1959. Pestanya dirayakan pada tanggal 22 Mei. Claret berjumpa dengan dia saat ia masih anak sekolah di Vic.
Pada Pendiri yang lain meminta Claret untuk mengevaluasi Aturan dari institut-institut baru. Ia juga bekerja untuk dokumen Konstitusi yang siap disetujui dan menjadi pemimpin institut sampai digantikan oleh P. Stephen Sala. Tiga Suster Carmelit tinggal bersama Claret di pastorannya di Madrid. Saudarinya Maria dan tiga keponakannya masuk Kongregasi yang didirikan oleh Santa Joaquina ini.

D. POINT PENTING: BEBAS DARI MANIPULASI
(Aut 625) Karena Ratu begitu menyukai dan mencintai saya, saya tahu dan sadar bahwa ia akan senang sekali jika saya meminta anugerah dari dia; tetapi sampai saat ini saya belum pernah meminta kepadanya satu hal pun dan saya tidak ada keinginan melakukannya nanti.
(Aut 626) Semua yang lapar dan haus, bukan akan keadilan karena pribadinya berkelayakan, tetapi akan pekerjaan jabatan dan martabat yang dianugerahkan, mengunjungi rumah saya setiap hari dan mengganggu saya dengan permohonan dan keinginan mereka. Saya harus mengatakan kepada mereka bahwa dari lubuk hati saya sangat menyesal saya tidak bisa memuaskan mereka… Kebanyakan dari mereka yang datang menemui saya waktu audiensi, yang saya beri setiap hari dari jam11.00 sampai 12.00, datang untuk minta pekerjaan, jabatan dan martabat. Belum lagi setumpuk surat-surat yang saya dapat tiap hari yang minta hal yang sama. Apa yang akan terjadi seandainya saya pernah membiarkan diri tersangkut dalam semak-semak itu!
(Aut 627) Lagi pula, saya melihat bahwa mereka yang begitu memaksa, berusaha dan mengemis untuk mendapat pekerjaan, jabatan dan kenaikan pangkat dengan sogokan dan siasat lain, adalah orang-orang yang paling tidak layak untuk semua itu. Maka semoga Allah menghindarkan saya dari kerja sama dalam kejahatan yang begitu besar karena tindakan-tindakan itu…

E. REFLEKSI PRIBADI
a. Dalam kerasulanmu apakah anda memperjuangkan kebenaran, ataukah anda membiarkan diri anda termanipulasi oleh mengkhususkan orang atau pihak tertentu (favoritisme), menerima perlakuan-perlakuan spesial, nepotisme, dan sebagainya?
b. Bagaimana anda menggunakan kemampuan anda untuk memberi pengaruh sosial?

F. INSPIRASI
“Orang memberi perhatian lebih pada apa yang dilakukan seorang misionaris daripada apa yang dikatakannya.” (Aut 388) #epmcmf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar